• dok saya mau nanya. saya umur 19th. saya udah 5 hari sampai sekarang masih kena keputihan berwarna coklat. tapi tidak berbau dan menyengat. urine pun normal.

    nafsu saya tidak menurun melainkan meningkat. saya selalu ingin ini itu, cuma paling makan setengahnya saja. badan saya juga pegel pegel. sebelumnya di 5 tersebut 3 hari saya saat keadaan sakit. saya minum obat dokter. dan sebelumnya saya selalu pake heels kemanapun pergi hampir 16hari saya memakainya. kenapa ya dok?

    Selamat Pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keputihan merupakan salah satu keluhan yang paling sering dialami oleh wanita. Keputihan merupakan keluarnya cairan dari dalam vagina wanita. Penyebabnya beraneka ragam mulai dari hal normal hingga penyakit tertentu. Keputihan normal tidak berwarna, tidak berbau dan jumlahnya hanya sedikit. Keputihan normal terjadi sekitar waktu menstruasi atau pada awal kehamilan. Jika cairan keputihan berubah warna (misal kuning, putih susu, coklat ataupun hijau), berbau, dan jumlahnya sangat banyak maka kemungkinan ada penyakit tertentu yang mendasarinya.

    Keputihan berwarna coklat bisa disebabkan karena hal normal atau karena penyakit tertentu. Keputihan berwarna coklat yang normal sering terjadi di akhir periode menstruasi atau bisa juga terjadi saat kehamilan. Selain karena hal normal tersebut, keputihan berwarna coklat bisa terjadi pada penyakit menular seksual, atrofi vaginitis, polip rahim, penyakit radang panggul, kanker serviks dan lain sebagainya.

    Ada baiknya anda berkonsultasi langsung dengan dokter yang menangani anda untuk memastikan penyebab keluhan anda. Perlu dilakukan pemeriksaan fisik dan ataupun penunjang secara langsung agar dapat mengidentifikasi kemungkinan penyebabnya. Terapi yang diberikan tergantung penyebabnya sehingga yang terpenting saat ini adalah memastikan penyebabnya terlebih dahulu.

    Silakan baca artikel berikut:

    Keputihan Berwarna Coklat – Penyebab dan Pengobatan

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Apa Penyebab Keputihan Berwarna Coklat?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.