• Saya pernah mendengar tentang penyakit keputihan yang gejalanya gatal-gatal dan mengeluarkan bau tidak sedap. Sebenarnya penyakit keputihan itu seperti apa dok? Mohon penjelasannya dok. Terima kasih.

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keputihan merupakan keluarnya duh tubuh (cairan tubuh) dari miss V wanita. Keputihan bisa berwarna bening, putih susu, hijau hingga coklat. Keputihan bisa terjadi normal atau karena penyakit tertentu yang mendasarinya. Keputihan yang normal terjadi di sekitar waktu menstruasi (awal mens atau akhir mens) serta pada saat kehamilan. Keputihan normal biasanya berwarna bening, tidak banyak, tidak berbau dan tak menimbulkan rasa gatal. Jika kriteria ini tidak terpenuhi maka kemungkinan besar keputihan tidak normal.

    Keputihan yang tidak normal bisa terjadi karena infeksi berbagai macam mikroorganisme. Warna, konsistensi dan bau dari duh tubuh yang keluar turut membantu mengidentifikasi kemungkinan penyebab keluhan tersebut. Keputihan yang berwarna putih susu, biasanya menggumpal, banyak dan disertai gatal terjadi karena infeksi jamur Candida albicans. Keputihan berwarna hijau dan berbusa biasanya terjadi karena infeksi parasit Trichomonas vaginalis. Keputihan yang berbau amis (fishy odor) dan berwarna cenderung kecoklatan biasanya terjadi karena infeksi bakteri atau biasa disebut vaginosis bakterialis.

    Namun untuk memastikannya perlu dilakukan pemeriksaan secara langsung oleh dokter baik dengan pemeriksaan fisik maupun dengan pemeriksaan penunjang seperti pengambilan duh tubuh kemudian dilakukan pemeriksaan KOH ataupun pewarnaan gram.

    Silakan anda baca artikel berikut ini:

    Keputihan, Normal atau Penyakit??

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Bagaimana Ciri-ciri Keputihan?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.