• Selamat Sore dok. Saya Ofi usia saya 16 tahun. Saya punya keluhan mengenai keputiham dok. Menurut saya sangat tidak wajar jika seusia saya sering mengalami keputihan kental berwarna cokelat. Gejala apa ini yaa dok? Apa ada penyakit serius yang perlu saya obati ?

    Selamat malam.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keputihan bisa disebabkan oleh banyak hal. Sayangnya dalam forum ini anda tidak menjelaskan karakteristik keputihan yang anda alami dan juga gejala yang menyertainya misalnya apakah terasa gatal, bau dan lain sebagainya agar dapat ditentukan kemungkinan penyebab keluhan tersebut. Keputihan berwarna coklat bisa terjadi karena banyak hal mulai dari hal normal hingga karena gangguan kesehatan tertentu. Berikut adalah penyebab keputihan berwarna coklat yaitu antara lain karena:

    1. Awal atau akhir masa menstruasi, seorang wanita dapat mengalami keputihan yang berwarna coklat. Hal ini merupakan salah satu keadaan normal.
    2. Kehamilan. Keputihan menjadi salah satu tanda awal kehamilan.
    3. Pada masa ovulasi atau masa subur wanita juga bisa menyebabkan keluhan flek berwarna kecoklatan.
    4. Infeksi menular seksual merupakan salah satu penyebab keputihan berwarna coklat.
    5. Penyebab lainnya

    Oleh karena itu untuk memastikan penyebab keluhan anda ada baiknya dilakukan pemeriksaan secara langsung oleh dokter sehingga bisa dilakukan pemeriksaan fisik dan ataupun penunjang yang dibutuhkan untuk menegakkan diagnosis penyakit yang anda alami. Pengobatan yang diberikan tergantung dari penyebab keluhan.

    Silakan baca artikel berikut ini:

    Keputihan Berwarna Coklat – Penyebab dan Pengobatan

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Apakah Berbahay Jika Keputihan Kental dan Kecokelatan?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.