• Selamat siang dokter.

    Saya ingin bertanya, saya mengalami keputihan yang kadang cair dan kadang kental secara berlebihan. Keputihan cair berwarna bening, keputihan kental berwarna putih susu bahkan terkadang terlihat seperti berwarna hijau. Ketika saya tidur, keputihan tersebut berhenti tetapi ketika saya beraktifitas, dia muncul berlebihan. Menurut dokter, apakah saya ada penyakit kelamin atau kanker serviks? Terima kasih dokter.

    Selamat malam.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keputihan bisa disebabkan oleh banyak hal. Sayangnya dalam forum ini anda tidak menjelaskan secara detail karakteristik keputihan yang anda alami dan juga gejala yang menyertainya agar dapat ditentukan kemungkinan penyebab keluahan tersebut. Secara umum penyebab keputihan antara lain karena:

    1. Infeksi jamur, misalnya candidiasis bisa menimbulkan keputihan. Biasanya sekret atau cairan yang keluar berwarna putih susu dan juga disertai keluhan gatal pada kemaluan. Hal ini dicetuskan terutama karena daerah kemaluan yang terlalu lembab sehingga memudahkan jamur berkembang.
    2. Infeksi trichomonas bisa menyebabkan keputihan berwarna kehijauan.
    3. Infeksi bakteri atau vaginosis bakterialis juga bisa menyebabkan keluhan keluar keputihan, biasanya berwarna keabuan dan tercium bau amis (fishy odor).
    4. Penyebab lainnya

    Oleh karena itu untuk memastikan penyebab keluhan anda ada baiknya dilakukan pemeriksaan secara langsung oleh dokter sehingga bisa dilakukan pemeriksaan fisik dan ataupun penunjang yang dibutuhkan untuk menegakkan diagnosis penyakit yang anda alami. Pengobatan yang diberikan tergantung dari penyebab keluhan.

    Silakan baca artikel berikut ini:

    Keputihan Berwarna Coklat – Penyebab dan Pengobatan

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Bagaimana Mengatasi Keputihan Cair yang Berlebihan?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.