• salam kenal dok,

    ada beberapa hal yang ingin saya tanyakan. sebelumnya saya ingin menceritakan hal yang terjadi pada saya dok.

    saya baru saja menikah sekitar 2 bulan, dua minggu setelah berhubungan saya mengalami keputihan, tidak banyak dan tidak berbau tetapi sangat terasa gatal. awalnya saya mengira akan datang bulan, karena memang sudah tanggalnya saya haid dan tanda-tandanya pun sama seperti pinggul yang pegal, payudara sakit, sering sekali pusing, dan terkadang merasa mal tetapi saya tak kunjung haid hingga telat 1 bulan dan hanya flek disatu hari. saya mengira, saya sedang hamil muda tetapi setelah saya test dengan alat keamilan hasilnya negatif dan keputihan saya masih terjadi lebih dari sebulan.

    sebenarnya apa yang terjadi dengan saya ya dok ?

    apakah keputihan disertai gatal pada pengantin baru itu biasa ?

    apakah yang saya rasakan memang tanda-tanda kehamilan ? tetapi kenapa setelah ditest hasilnya negatif dokter ?

    mohon dijawab ya dok, karena saya sudah tanyakan hal ini ke banyak orang tetapi tidak juga mendapatkan jawaban yang memuaskan.

    Terimakasih dokter atas waktunya

    Hormat Saya,

    Nur Fatimah

     

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keputihan bisa termasuk hal normal jika tidak berwarna (bening), tidak berbau, dan juga tidak diproduksi dalam jumlah banyak. Keputihan normal bisa terjadi di awal atau akhir mens dan juga saat kehamilan. Namun jika keluhan keputihan mengalami perubahan warna (misal warna putih susu, coklat hingga kehijauan) maka keluhan ini merupakan keputihan patologis yang disebabkan oleh penyakit tertentu, terutama infeksi.

    Untuk keluhan telat haid sebenarnya sangat banyak penyebabnya dan bukan hanya terkait kehamilan saja. Untuk kehamilan sendiri ada beberapa tanda yang dapat muncul selain telat mens misalnya perut yang semakin membesar, keluhan mual dan muntah yang sering dikeluhkan terutama di usia – usia awal kehamilan, hingga pemeriksaan test pack yang menunjukkan hasil positif. Namun untuk memastikan kehamilan perlu dilakukan pemeriksaan USG yang menunjukkan adanya kantung kehamilan di dalam rahim dan adanya detak jantung janin.

    Pemeriksaan dengan menggunakan tes pack (alat tes kehamilan) sendiri baru bisa menunjukkan hasil akurat jika dilakukan sekitar 2 hari sebelum waktu menstruasi selanjutnya atau 14 hari setelah anda berhubungan badan di masa subur ( waktu ovulasi). Pemeriksaan dengan tes pack bukan menjadi pemeriksaan pasti untuk menentukan kehamilan karena tes ini bisa menunjukkan hasil positif  palsu pada penyakit reproduksi seperti mola hidatidosa (hamil anggur), atau bisa juga menunjukkan hasil negatif palsu. Hasil negatif palsu terjadi karena kadar hormon HCG yang masih terlalu rendah pada awal kehamilan. Sehingga untuk memastikan kehamilan memang paling baik dengan melakukan pemeriksaan USG.

    Membaca Hasil Tespek Positif, Negatif, Samar

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

    Dok, saya melakukan tespek lagi setelah 2 bulan ini. Karena seminggu ini saya merasa pusing yg terkadang hilang dan datang. Dan beberapa hari kemudian pusingnya disertai mual dok pinggul saya juga terkadang sakit seperti pegal. Pas saya testpek Ada garis 1 nyata diatas. Tp ada garis semu persis di perbatasan kapas Max jaraknya agak berjauhan dok garis bawah dan garis atasnya. Apa bisa dikatakan positif dok ?

Beranda Tanya Dokter KEPUTIHAN DALAM WAKTU YANG LAMA

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.