• Dokter saya ingin bertanya. Bahu dan lengan kiri saya sering keram dan kesemutan, kenapa ya dok? Terima kasih atas penjelasannya.

    Selamat malam.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan kesemutan sering sekali dialami oleh beberapa individu baik usia muda ataupun mengenai orang tua. Keluhan ini bisa dirasakan pada tungkai, lengan, bokong dan lain sebagainya. Kesemutan dalam istilah kedokteran disebut juga dengan parasthesia. Pada kasus yang anda alami dimana kesemutan terjadi pada bahu dan lengan penyebabnya bisa karena berbagai macam hal misalnya:

    • Faktor pekerjaan yang banyak menggunakan bagian bahu dan lengan misalnya sering mengangkat beban berat dapat mengakibatkan gangguan pada persarafan.
    • Diabetes melitus juga bisa menjadi faktor pencetus terjadinya neuritis. Neuritis bisa terjadi pada bagian mana saja, termasuk pada saraf di bagian bahu dan lengan.
    • Penyakit infeksi seperti kusta juga bisa menyebabkan gangguan saraf.
    • Kekurangan cairan dan elektrolit bisa menyebabkan keluhan kesemutan dan kram.
    • Penyebab lainnya

    Untuk memastikan diagnosis keluhan anda maka perlu dilakukan pemeriksaan fisik dan ataupun penunjang sehingga ada baiknya anda melakukan pemeriksaan secara langsung ke dokter agar bisa dilakukan pemeriksaan – pemeriksaan tersebut secara langsung dan detail sehingga dapat tegak diagnosis penyakit yang anda alami. Pengobatan tergantung dari penyebab keluhan anda.

    Silakan baca artikel berikut:

    Penyebab Tangan Kesemutan dan Cara Mengatasinya

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Apakah Penyebab Keram dan Kesemutan?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.