• Dear dokter,

    Saya sering berkeringat ketika saya minum air hangat atau minum air putih banyak,  ketika saya habis melakukan kegiatan kecil-besar, ketika suhu kamar lembab dan panas, ketika saya banyak pikiran, atau hal kecil lainnya. Keringat di wajah saya seperti habis cuci wajah dengan air, basah sekali sampai menetes. Keringat di kepala saya juga sampai membuat rambut lepek atau basah ngucur ke badan. Itu kenapa ya dok bisa keringat sampai banyak dan menetes? Apa ada efek saya suka makanan asin? Mitos nya seperti itu dok.

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Penyebab keringat yang berlebihan bisa dialami oleh beberapa individu, bisa karena reaksi normal tubuh ataupun juga karena penyakit tertentu. Beberapa penyebab keluhan keringat berlebih yaitu antara lain:

    • Pengaruh psikosomatis. Keluhan keringat berlebih sering terjadi pada individu yang mudah gugup dan cemas. Individu seperti ini sering sekali mengalami stress akibat kondisi yang dihadapinya, misal saat individu tersebut masuk ke lingkungan baru dan lain sebagainya. Sebagian besar orang yang mudah cemas akan mengalami tangan yang berkeringat dan mudah dingin.
    • Individu yang memiliki kecendrungan overhidrasi (keringat berlebih). Pada individu seperti ini, keadaan biasa saja bisa menghasilkan keringat yang banyak terutama pada tangan dan kaki. Apalagi saat aktivitas padat, suhu panas dan lain sebagainya.
    • Hipertiroid merupakan penyakit gangguan fungsi kelenjar tiroid dimana kadar hormon tiroid melebihi normal. Keluhan yang muncul bisa berupa keringat berlebihan, namun disertai juga dengan keluhan lainnya antara lain jantung berdebar, tangan gemetaran, mata melotot, berat badan menurun, badan mudah kepanasan dan lain sebagainya
    • Penyebab lain

    Jika keluhan hanya berupa keringat berlebih tanpa disertai keluhan nyeri dan lain sebagainya, maka sebenarnya tak perlu pengobatan khusus. Namun jika keluhan sangat mengganggu ataupun disertai keluhan lainnya maka perlu dilakukan pemeriksaan diri secara langsung ke dokter.

    15 Tips Mengurangi Keringat Berlebih Dengan Aman

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Kenapa Keringat Berlebih di Kepala?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.