• Dok saya mau tanya, sejak saya SD sampai sekarang entah kenapa saya sering keringat dingin terutama saat upacara senin. Disertai rasa pusing, mual, pucat dan lemas bahkan tidak kuat untuk berdiri. Selain itu saya suka merasa sesak dan napas saya tidak teratur agak lemah. Kira kira kenapa ya dok?

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan keringat dingin bisa disebabkan oleh banyak hal, antara lain:

    • Kekurangan cairan atau dehidrasi bisa menyebabkan keluhan keluar keringat dingin bahkan disertai rasa ingin pingsan dan lemas.
    • Kekurangan kadar gula dalam darah (hipoglikemia) juga bisa menyebabkan keluar keringat dingin, lemas, sakit kepala dan rasa ingin pingsan.
    • Tekanan darah rendah (hipotensi) juga bisa menyebabkan gejala yang sama
    • Kekurangan sel darah merah atau disebut juga dengan anemia.
    • Demam misalnya karena penyakit infeksi.
    • Penyebab lainnya

    Banyaknya kemungkinan penyebab keluhan seperti yang anda alami membuat pentingnya dilakukan pemeriksaan secara langsung oleh dokter baik dengan pemeriksaan fisik dan ataupun pemeriksaan penunjang secara secara lebih detail. Namun alangkah baiknya anda menjaga pola hidup anda sehari – hari dengan menjaga asupan makanan anda, biasakan sarapan sebelum memulai aktivitas, konsumsi cairan dalam jumlah cukup, istirahat teratur,  dan juga membiasakan untuk olahraga teratur.

    Jika memang penyebab keluhan yang anda alami terjadi karena penyakit atau gangguan masalah kesehatan tertentu maka pengobatan yang diberikan tergantung dari penyebab keluhan itu sendiri. Oleh karena itu alangkah baiknya jika anda memeriksakan diri secara langsung dengan dokter di daerah anda.

    Silakan baca artikel berikut ini:

    Ketahui Penyebab Keringat Dingin yang Anda Alami

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Mengapa Sering Keringat Dingin?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.