• Saya mengonsumsi obat kalmetason dan pronichi secara rutin selama kurang lebih 2 tahun. Apabila saya tidak mengonsumsi obat tersebut maka badan saya langsung flu dan sedikit meriang dok. Semakin lama mengkonsumsi obat tersebut, telinga saya menjadi mendengung. Apabila saya tidak minum obat tersebut badan manjadi menggigil, tetapi jika minum obat tersebut telinga saya jadi mendengung. Bagaimana cara mengatasinya dok? Mohon jawabannya. Terima kasih.

    Selamat malam.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Pertama – tama yang harus dicari tahu adalah faktor yang mendasari sering berulangnya keluhan flu yang anda alami. Keluhan pilek tidak selalu terjadi karena infeksi karena bisa dicetuskan oleh alergi misalnya alergi terhadap debu atau bisa juga karena daya tahan tubuh yang rendah sehingga rentan terkena penyakit. Alangkah baiknya memastikan apa yang menjadi penyebab keluhan anda baru ditentukan pengobatan yang tepat sesuai dengan penyebab keluhan. Penggunaan kalmetason (obat yang mengandung steroid) tidak disarankan untuk jangka panjang mengingat efek sampingnya yang sangat banyak. Begitu pula dengan obat pronichi yang merupakan obat anti histamin. Oleh karena itu alangkah baiknya jika anda memeriksakan diri terlebih dahulu ke dokter. Perlu anda ketahui bahwa keluhan tersebut sering berulang jika daya tahan tubuh pasien yang kurang baik yang bisa juga dicetuskan oleh penggunaan steroid jangka panjang. Selain itu pada pasien dengan daya tahan tubuh yang rendah, penyakit ini lebih lama hilangnya.

    Oleh karena itu selain dengan mengkonsumsi obat – obatan, pasien juga perlu menjaga daya tahan tubuhnya misalnya dengan istirahat yang cukup, makan makanan bernutrisi tinggi terutama sayur dan buah – buahan, olahraga teratur, minum air putih dalam jumlah cukup, dan konsumsi vitamin jika memang aktivitas anda sangat tinggi.

    Jika penyebabnya karena infeksi bakteri maka perlu pemberian antibiotik untuk membunuh bakteri penyebab. Namun jika karena virus maka cukup dengan obat simptomatik untuk mengatasi gejala. Selain itu pada pasien dengan riwayat alergi maka sebaiknya mencari  bahan yang menyebabkan alergi, misalnya bulu binatang, debu dan lain sebagainya untuk menurunkan risiko terjadinya keluhan batuk dan pilek. Silakan anda periksakan ke dokter jika keluhan berlanjut.

    Tips Agar Flu Pilek Cepat Sembuh

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

    Terima kasih dok balasan nya , apa keteregantungan obat tersebut bisa berhenti dok ?

Beranda Tanya Dokter Bagaimana cara mengatasi Ketergantungan Obat?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.