• Halo dok, saya irma. Saya memiliki permasalah bau badan, sudah ganti deodoran masih saja tdk mempan, malah makin bau mgkin. Sampe pada khirnya saya mencukur bulu ketiak dgn cara memakai krim. Lalu saya mencari tau gmn caranya agar tdk bau. Akhirnya memakai jeruk nipis dan kapur sirih, utk 3hr percobaan, alhamdulillah baunya hilang, cm blm mampu 20jam. Nah skrg permasalahannya  ketiak saya gatal dok akibat bulu2 nya tumbuh dan saya garuk di bagian kiri. Rasanya sangat perih. Jadi apa yg perlu saya lakukan dok. Perih. Apa perlu sy berhenti menggunakan jeruk nipis dan kapur sirih? Jika memang hrs ke dokter, bagian penyakit kulit, begitu? Mohon jawabannya dokter. Trmakasih

    Selamat malam.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Bau badan merupakan masalah yang sangat mengganggu dan menimbulkan ketidak percayaan diri. Masalah bau badan paling sering bersumber dari ketiak. Daerah ketiak yang berlipat dan penuh dengan keringat sering menjadi penyebab utamanya. Sebenarnya hal ini bisa diatasi dengan berbagai cara mulai dari menjaga kebersihan kulit terutama bagian ketiak misalnya dengan mandi yang teratur dan menggunakan sabun serta menggosoknya dengan lembut pada daerah tersebut, mengelap kering daerah ketiak yang lembab, menggunakan deodoran penyerap keringat dan menghindari makan makanan yang menimbulkan bau badan menyengat seperti bawang putih dan lain sebagainya.

    Untuk bagian ketiak yang dicukur dan kemudian tumbuh kembali rambut – rambut halus memang kerap menimbulkan rasa gatal akibat rambut yang mulai tumbuh dan menusuk ke kulit di sekitarnya. Sebaiknya jika terjadi keluhan ini anda jangan menggaruknya. Semakin digaruk maka kulit akan semakin lecet dan menimbulkan rasa perih. Jika hal ini terjadi dapat diberi salep mengandung kortikosteroid selama 3 hingga 5 hari hingga luka iritasi bekas garukan sembuh. Jika keluhan berlanjut silakan hubungi dokter di area anda.

    Silakan baca artikel berikut ini:

    Cara Ampuh Menghilangkan Bulu Ketiak Secara Permanen

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Ketiak Gatal dan Bau, Apa Penyebab dan Solusinya?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.