• AK

    Siang dok, saya berusia 25 tahun…saya diponis dokter terkena kista endometriosis dan dokter menyarankan untuk meninum visane selama 3 bulan.

    Di bulan terakhir tepat hati ke 12 aku lewat kan untuk meminum obat hingga terjadi pendarahan terus sampai sekarang.

    kista saya berukuran 13 cm..itu bagaimana apakah saya lanjutkan konsumsi obatnya? dan bagaimana dengan tindakan yang lebih tepatnya dok?

    Selamat pagi.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang kista endometriosis. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    Kista endometriosis adalah salah satu penyakit inflamasi atau peradangan yang mengakibatkan kualitas serta kuantitas dari sel telur serta memberikan perubahan anatomi normal pada organ reproduksi sehingga menyebabkan sulit hamil.

    Kista endometriosis merupakan kista yang terbentuk karena adanya pertumbuhan sel-sel rahim pada lokasi yang tidak seharusnya.

    Gejala endometriosis antara lain berupa nyeri yang hebat saat haid (dismenore), nyeri saat melakukan hubungan seksual (dispareunia), gangguan kesuburan atau infertilitas (sulit hamil), nyeri saat buang air besar dan buang air kecil ketika menstruasi, dan lain sebagainya.

    Ada beberapa pengobatan yang dilakukan untuk mengatasi endometriosis yakni dapat berupa :

    • Terapi hormonal untuk menghambat pertumbuhan berlebih dari jaringan endometriosis
    • Tindakan operatif untuk mengangkat  dan menghilangkan kista. Tindakan operasi juga dapat menjadi upaya  untuk menghilangkan gejala dan meningkatkan kemungkinan untu hamil. Salah satu teknik operasi adalah dengan laparoskopi dengan luka sayatan yang minimal.
    • Histerektomi atau operasi pengangkatan rahim. Tindakan ini dilakukan pada kondisi endometriosis berat atau berulang serta dilakukan pada wanita yang sudah tidak menginginkan kehamilan lagi.

    Silakan periksakan ulang ke dokter spesialis obstetri dan ginekologi (sp.OG) terutama konsultan fertilitas untuk mendapatkan pemeriksaan dan penanganan yang tepat sesuai kondisi anda saat ini. Dalam forum ini saya tidak bisa memastikan pemeriksaan terbaik bagi anda karena perlunya pemeriksaan secara langsung.

    Silakan baca artikel berikut ini:

    Endometriosis

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Cara Mengatasi Kista Endometriosis

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.