• Dok mau tanya. anak saya umur 8 bulan awalnya demam 37-38 selama 3 hari. saya bawa ke RS. di tes darah ternyata HB 6. tapi anak saya masih llincah dan ceria. tidak sedikitpun ada tanda tanda lemas atau pucat. apakah ini pertanda penyakit talasemia atau leuki dok? terimakasih

    Selamat Malam.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang keluhan hb rendah pada anak. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    Ada beberapa hal yang menyebabkan timbulnya kondisi anemia pada bayi dan anak antara lain karena :

    • Defisiensi atau kekurangan zat besi akibat pola makan yang buruk.
    • Kehilangan darah akibat infeksi, perdarahan, dan kondisi lain.
    • Gangguan penyerapan usus sehingga zat besi tidak bisa diserap maksimal.
    • Keganasan seperti talasemia

    Tidak bisa memastikan penyebab keluhan hb rendah hanya berdasarkan informasi itu saja. Perlu pemeriksaan secara lebih detail baik dengan pemeriksaan fisik maupun penunjang. Pemeriksaan penunjang yang bisa dilakukan antara lain sediaan apus darah tepi, dan sebagainya.

    Secara umum terapi awal anemia pada bayi dan anak adalah dengan pemberian zat besi secara oral selama sebulan penuh lalu dilakukan pemeriksaan ulang.

    Jika kadar Hb dalam darah meningkat pasca pemberian zat besi ini maka terapi dapat dilanjutkan. Namun jika tidak berubah maka perlu dilakukan pemeriksaan lain untuk mencari sumber penyebab anemia.

    Pada kasus bayi anda dimana kadar HB bayi < 7 maka perlu dilakukan tindakan segera untuk mencari tahu sumber penyebab dan menentukan rencana terapi terbaik.

    Oleh karena itu perlu dilakukan pemeriksaan secara langsung ke dokter sehingga dapat tegak diagnosis penyakit yang anak anda alami.

    Ciri-ciri dan Gejala Kurang Darah (anemia) dan Pengobatannya

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Konsultasi Tentang Bayi Umur 8 Bulan Darah HB 6

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.