• Selvi

    Saya tidak tau kapan awal kulit di telunjuk saya menghitam dan tebal seperti kapalan, teman saya menyarankan pakai callusol tapi bukan malah sembuh, malah hitam pada kulit telunjuk  saya makin parah dan kulitnya juga jadi makin tebal, seperti kapalan makin parah, bagimana dok solusinya?

    Terimakasih.

    Selamat pagi.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang keluhan kapalan pada kulit dan kulit menghitam akibat penggunaan kalusol. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    Kapalan atau dalam istilah kedokteran disebut sebagai kalus merupakan penebalan lapisan kulit akibat tekanan atau gesekan secara terus menerus. Ada beberapa upaya untuk mengatasi kalus antara lain dengan pemberian obat – obatan untuk menipiskan kulit seperti callusol hingga dengan tindakan operatif.

    Callusol mengandung tiga senyawa kimia dengan perannya masing – masing yakni asam salisilat yang berperan sebagai agen keratolitik untuk mengelupaskan atau menipiskan kulit yang menebal, asam laktat yang berperan sebagai pelembab dan juga polidokanol yang berperan untuk mengurangi rasa gatal. Penggunaan callusol hanya untuk daerah yang sakit. Jika terkena pada kulit yang sehat maka kulit akan memerah, terjadi pengelupasan berlebihan, dan juga iritasi. Jika berlanjut maka bisa terjadi infeksi dan kulit bisa menghitam.

    Efek samping ini bisa dikurangi atau dihilangkan dengan beberapa cara, yang pertama adalah hindari kontak berulang dan kemudian diberikan krim antiinflamasi untuk menekan peradangan. Untuk memastikan penanganan terbaik bagi keluhan anda, silakan periksakan langsung ke dokter.

    Callusol : Kegunaan, Dosis, Efek Samping

    Cara Ampuh Mengobati Mata Ikan


    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Kulit Telunjuk Menghitam Tebal seperti Kapalan Apa Solusinya?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.