• Ilham ghaos

    Assalamualaikum dok, nama saya ilham usia 21 tahun.. Saya mau bertanya dok. Di usia saya 19 sampai 21 tahun ini saya merasakan perubahan  seperti sulit untuk berkomunikasi, tidak nyambung saat bicara.

    Susah sekali bergaul dengan orang/lingkungan baru, selalu gugup saat berkumpul dengan orang banyak dan susah akrab dengan siapapun dok.. Tapi ini terjadi semenjak usia saya 19 sampai sekarang 21 tahun, tidak seperti dulu yang bisa kumpul akrab bersama teman teman.

    Mohon di jawab ya dok, terimakasih banyak

    Selamat pagi.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com mengenai keluhan susah berkomunikasi dan bergaul. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    Keluhan susah berkomunikasi dan bergaul tanpa adanya gangguan fisik yang dialami bisa dialami oleh beberapa individu. Penyebabnya beraneka ragam namun biasanya terkait dengan faktor psikosomatis.

    Keluhan susah berkomunikasi dan bergaul sering terjadi pada individu yang mudah gugup dan cemas. Cemas berlebihan dalam dunia kedokteran disebut juga dengan gangguan anxietas.

    Individu seperti ini sering sekali mengalami stress akibat kondisi yang dihadapinya, misal saat individu tersebut masuk ke lingkungan baru dan lain sebagainya.

    Selain itu keluhan ini terjadi akibat kurangnya rasa kepercayaan diri yang muncul sehingga merasa malu atau minder untuk berkomunikasi dan bergaul dengan orang banyak atau pun lingkungan baru.

    Untuk memastikan penyebab keluhan anda perlu dilakukan pemeriksaan diri secara langsung ke dokter terutama dokter spesialis kejiwaan atau setidaknya bisa dilakukan dengan psikolog.

    Hal ini penting dilakukan untuk menggali masalah yang anda alami dan menemukan solusi yang tepat sebelum keluhan semakin menjadi.

    Ansietas : Gejala, Penyebab, dan Pengobatan

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Konsultasi Tentang Susah untuk Berkomunikasi dan Bergaul

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.