• Alit

    Pagi dok saya alit usia 27 tahun, saya mau tanya dok telinga saya sudah hampir sebulan masih terus berdengung, saya mau ceritakan awal nya saya demam 2 hari belum turun setelah itu saya minum paracetamol beli di apotik, demamnya pun turun tapi masih datang demam nya.

    Kalau sore ditambah batuk berat dan berdahak dan malam akhirnya ke dokter di kasih obat, belum setelah seminggu kemudian tenggorokan saya sakit sekitar 2 hari setelah tenggorokan sembuh telinga bagian kiri sakit, budek, berdengung, dan agak bengkak sekitar telinga kiri di pegang pun rasanya kaku yang sebelah kiri.

    Saya ke bidan dekat rumah di kasih obat lagi tapi tidak ada hasil dan berobat lagi ke puskesmas di kasih obat tetes chloramphenicol 3% selama seminggu, saya pakai sama obatnya tapi tidak ada perubahan juga akhirnya saya ke THT disana saya diperiksa, kalau telinga bagian dalam gendang nya bengkak, dan ada darah di dindingnya.

    Saya di kasih obat untuk tetes nya otilon sama obat dalam juga, sudah ada perubahan sudah enggak terlalu budek dan sakitnya juga sudah enggak tapi berdengung nya masih sampai saat ini belum ada perubahan.

    Saya bingung dokter harus bagai mana lagi biar telinga nya kembali normal, penyebab nya apa batuk dan demam saya kemarin apa karena banyak konsumsi obat sebelumnya?

    Dan otilonpun setelah 10 hari saya jarang pakai di bacaan cara pakai katanya jangan lebih dari 10 hari pemakainya? Apa saya boleh lanjut pakai lagi apa di stop dokter mohon penjelasan dan bantuannya, ditunggu terima kasih

    Selamat pagi.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang keluhan telinga berdenging. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    Berdasarkan keluhan yang anda sampaikan dimana terdapat riwayat telinga nyeri, penurunan pendengaran, telinga berdenging dan adanya riwayat infeksi saluran napas sebelumnya kemungkinan telah terjadi infeksi pada telinga tengah atau yang disebut otitis media. Penyebabnya terutama karena infeksi bakteri.

    Gejala yang muncul akibat infeksi ini berupa rasa nyeri di telinga, keluar cairan dari telinga hingga penurunan pendengaran.

    Penyebab terjadinya otitis media bisa karena banyak hal, biasanya karena penjalaran dari infeksi saluran napas yang tidak diobati dengan baik. Selain itu daya tahan tubuh pasien yang menurun menyebabkan keluhan ini bisa terjadi dan sering berulang.

    Pada kasus anda sebaiknya dicari tahu apakah yang anda alami hanya sebatas infeksi pada telinga saja ataukah ada komplikasi lainnya sehingga telinga yang berdenging lama sembuhnya. Oleh karena itu ada baiknya anda memeriksakan kembali kondisi kesehatan telinga anda agar mendapat penanganan terbaik.

    Silakan baca artikel berikut:

    Gendang Telinga Pecah : Penyebab, Gejala, Pengobatan

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Telinga Berdengung Setelah Demam Apa Penyebab dan Obat Nya?

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.