• Aulia Luqyana

    Halo dok.

    Tgl 31 agustus kmrn sy kuret karena keguguran dg usia kehamilan 10/11 w. Saat kontrol tgl 7 september dari hasil usg dipastikan kondisi rahim bersih dan tdk ada tanda-tanda adanya kista.

    Tgl 23 oktober sy haid pertama kali pasca nifas. Hari pertama masih berupa flek coklat, hari kedua berupa darah dg volume yg wajar. Tapi hari ke-3 volume darah yg keluar sangat banyak. Sampai 8x ganti pembalut. Hari berikutnya mulai berkurang dan sampai hari ini masih keluar sedikit-dikit darah kecoklatan.

    Tgl 26 oktober sy ke dokter, dari hasil usg dikatakan ada kista dg ukuran 3,8 cm. Sy diberi obat asam traneksamat dg sangobion. Yg ingin sy tanyakan, apakah dlm rentang waktu singkat kista bisa muncul? Mengingat tgl 7 sept blm ditemukan kista. Kontrasepsi apa yg tepat utk sy dok? Karena ada dokter lain yg pernah bilang sebaiknya sy tdk menggunakan kb hormonal, tp dokter kandungan yg kmrn sy temui justru menganjurkan sy menggunakan kb suntik 3 bln, selain utk kontrasepsi jg utk mengobati kista sy

    Terima kasih sblmnya dok

     

    Selamat siang.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Mohon maaf informasi yang anda sampaikan sebenarnya masih kurang lengkap. Jenis kista apakah yang anda alami? Karena kista bisa menyerang beberapa organ reproduksi wanita, misal kista ovarium, kista endometrium dan lain sebagainya. Kista ada yang mempengaruhi kesuburan dan kemungkinan untuk hamil seperti kista ovarium. Pengobatan kista dipengaruhi oleh beberapa hal antara lain jenis kista, ukuran kista, dan lain sebagainya. Pengobatan ada yang bisa dengan medikamentosa (obat – obatan, misal pil kontrasepsi) namun ada juga yang butuh tindakan pembedahan (operatif).

    Hormon memang dapat menyebabkan kista makin berkembang namun juga bisa digunakan untuk pengobatan kista. Oleh karena itu memang harus dicari tahu dulu jenis kistanya, ukuran kista dan lain sebagainya. Untuk itu memang anda perlu konsultasi langsung dengan dokter kandungan yang menangani anda.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Kontrasepsi yang Tepat Saat Memiliki Kista

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.