• affandi

    Saya pria berusia 42th, sebelumnya sering mengkonsumsi obat ketoconazole dan soldextan hampir 2 minggunan semenjak saya tidak mengkonsumsi 2 jenis obat tersebut kembali gatal-gatal saya mulai muncul lagi bahkan diseratai air/bernanah juga kepala terasa migrain yang cukup lama beberapa hari.

    Yang ingin saya tanyakan adalah.. apakah sakit saya itu disebabkan penghentian obat yang saya konsumsi, obat apa sekiranya yang efektif menyembuhkan penyakit yang saya alami yang sekiranya tanpa efek samping bila sekiranya penggunaan sudah tidak diperlukan/berhenti mengkonsumsi.. sebelumnya terimakasih atas jawabannya.

    Selamat pagi.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang keluhan gatal. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    Keluhan gatal – gatal pada kulit merupakan keluhan yang sangat umum dirasakan oleh hampir tiap individu. Rasa gatal merupakan respon normal tubuh ketika ada sesuatu yang menstimulus atau mengiritasi kulit. Gatal bisa disebabkan karena hal ringan atau penyakit tertentu yang lebih berat. Rasa gatal ini umum dialami pada hampir semua penyakit kulit, biasanya disertai keluhan bintik – bintik merah atau berisi air ataupun bentol pada kulit. Sehingga sebenarnya perlu penggalian informasi secara lebih detail disertai pemeriksaan fisik dan ataupun penunjang pada kulit guna menegakkan diagnosis penyakit yang anda alami.

    Berikut akan dijelaskan beberapa kemungkinan penyebab gatal yaitu antara lain:

    1. Karena xerosis kutis atau kulit yang terlalu kering bisa menyebabkan keluhan gatal yang sangat mengganggu.
    2. Urtikaria juga menyebabkan gatal yang disertai bentol  – bentol pada kulit akibat reaksi inflamasi (peradangan) pada pembuluh darah kulit. Hal ini bisa disebabkan oleh banyak hal misal udara dingin, binatang, dsb.
    3. Miliaria juga bisa menyebabkan keluhan gatal disertai bintik – bintik kecil. Keluhan ini bisa terjadi karena keringat yang berlebihan.
    4. Dermatitis kontak alergi ataupun iritan juga bisa menyebabkan keluhan gatal pada kulit disertai memerah.
    5. Infeksi baik karena parasit, jamur juga bisa menyebabkan keluhan gatal.
    6. Penyebab lainnya

    Keluhan gatal disertai bernanah bisa karena adanya infeksi sekunder yang terjadi. Namun untuk memastikannya perlu dilakukan pemeriksaan secara langsung oleh dokter. Tatalaksana yang diberikan tergantung diagnosis penyakitnya. Oleh karena itu silakan memeriksakan langsung ke dokter agar bisa dilihat gambaran klinis nya secara langsung.

    Kenali Penyebab Gatal Pada Kulit Anda

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Kulit Gatal Mengeluarkan Cairan Setelah Berhenti Minum Obat

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.