• Selamat pagi dokter,

    sudah hampir setahun sisi luar tapak kaki (kiri dan kanan) dan tumit kaki saya kapalan, pecah-pecah (memang aktifitas kerja saya banyak jalan dengan sepatu safety boot), dan bawah tapak kaki saya sebagian mengelupas dan kulit bagian bawah jempol kaki dan bawah kelingking kulitnya seperti tumbuh tidak merata dan seperti sisik. Kalau berkeringat seperti ada bau tetapi tidak menyengat.

    Sebagai info tambahan, air pam didaerah tempat tinggal saya memang agak keruh,dan cuaca cukup panas dan saya juga mencuci pakaian sendiri. Apakah berpengaruh dok?

    Saya sudah pakai krim seperti kanna, tapi tidak berkurang. Lalu saya coba calusol tapi sangat lambat cara kerjanya. Apakah ada obat lain untuk peyembuhannya?

     

    Terima kasih Bapak/Ibu Dokter di Mediskus.

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Kapalan atau dalam istilah kedokteran disebut sebagai kalus adalah kondisi dimana kulit mengalami penebalan dan adanya pengerasan pada lapisan kulit. Keadaan ini terjadi akibat gesekan dan tekanan yang terjadi terus menerus pada kulit. Oleh karena itu tak heran jika kapalan sering terjadi pada bagian tubuh yang sering kontak dan bergesekan secara terus menerus dengan benda – benda lainnya seperti pada daerah telapak kaki, tangan dan jari-jari. Dengan timbulnya kalus maka kulit menjadi terlindungi dari kerusakan atau luka karena gesakan dengan benda lainnya yang lebih keras atau kasar.

     

    Selain itu keluhan yang anda alami dimana kulit kaki menjadi pecah – pecah, tidak rata dan juga timbul bau bisa terjadi karena penggunaan safety boot yang terus menerus. Penggunaan sepatu ini dalam jangka waktu yang lama akan membuat kaki lembab sehingga tak heran jika muncul keluhan – keluhan yang anda alami. Jika kondisi ini berlanjut malah bisa menyebabkan infeksi jamur. Oleh karena itu langkah pertama sebenarnya adalah mengurangi pemakaian safety boot jika tidak dibutuhkan, misalnya dengan melepas sepatu ketika jam istirahat atau ketika tidak sedang melakukan pekerjaan yang memerlukan alat pelindung diri tersebut. Selain itu, anda perlu mencuci bersih kaki dengan air mengalir yang bersih dan melap kering kaki. Jika keluhan berlanjut ada baiknya diperiksakan langsung ke dokter untuk memastikan penyebab keluhan anda. Terapi yang diberikan tergantung penyebabnya.

    Cara Ampuh Menghilangkan Kapalan

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Bagaimana Mengobati Kapalan dan Kulit Bersisik?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.