• Selamat sore dokter…

    Saya mau bertanya tentang bintik-bintik merah pada kulit tangan dan kaki saya dok, tapi bintik nya tidak gatal. Saya pikir awalnya digigit nyamuk, tapi kok tidak gatal ya dok, dan juga bintik kemerahan ini awet di kulit.

    Dulu waktu saya hamil, pernah juga seperti ini, tapi kata bidan nya itu digigit nyamuk. Bintik kemerahan ini menyebar dari lengan sampai ke jari dan telapak tangan, di kaki pun menyebar dari paha sampai ke tumit. Apakah ini berbahaya dokter?

    Terima kasih atas atensi dan jawabannya ya dokter.

    Selamat malam.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang keluhan bintik merah pada kulit yang tidak gatal. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    Penyakit kulit biasanya memiliki gambaran klinis yang mirip antara penyakit satu dengan lainnya. Begitu pun dengan keluhan bintik – bintik merah pada kulit yang tidak terasa gatal. Dalam forum ini kami tidak bisa memastikan penyebab keluhan pasien namun hanya memberikan kemungkinan – kemungkinannya saja.

    Karena penegakan diagnosis baru bisa dilakukan dengan penggalian informasi secara detail ke pasien, pemeriksaan fisik dan atau pun pemeriksaan penunjang.

    Penyebab keluhan bintik merah yang tidak terasa gatal bisa karena beberapa hal antara lain sebagai berikut:

    • Akibat pelebaran ataupun pecahnya pembuluh darah kapiler.
    • Akibat alergi
    • Perdarahan di bawah kulit
    • Adanya kelainan imunologi
    • Penyebab lainnya

    Untuk memastikan penyebab keluhan anda ada baiknya dilakukan pemeriksaan secara langsung ke dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik dan atau pun pemeriksaan penunjang yang sesuai guna menegakkan diagnosis penyakit yang anda alami. Pengobatan yang diberikan tergantung dari penyebab keluhan anda.

    Silakan baca artikel berikut ini:

    Mengenal Penyakit Ruam Kulit

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Kulit Tangan dan Kaki Bintik Kemerahan Tapi Tidak Gatal

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.