• Selamat malam dok, beberapa hari lalu ibu jari saya mengalami cantengan. Saya sudah ke dokter, namun hanya di berikan salep “oxytetracycline”. Setelah beberapa kali pemakaian, cantengan di ibu jari saya membaik, namun kulit di sekitar ibu jari saya mengelupas. Apakah tidak apa-apa dok? Karena sudah hampir seluruh kulit di ibu jari saya terkelupas.

    Terimakasih.

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Cantengan atau dalam istilah medis disebut juga dengan paronikia bisa terjadi karena kuku yang tumbuh terlalu panjang atau tumbuh menyamping sehingga kerap menabrak kulit dan jaringan lunak di sekitarnya dan menimbulkan keluhan nyeri. Jika berlanjut maka akan tumbuh bakteri dan terjadilah infeksi pada kuku atau cantengan. Kuku yang tumbuh menyamping biasanya terjadi karena trauma akibat memotong kuku terlalu pendek hingga karena adanya benda asing pada bagian samping/pinggiran batas antara kuku dan kulit yang menyebabkan peradangan dan infeksi. Setelah cantengan sembuh, kulit di sekitar kuku yang bermasalah biasanya akan mengelupas. Hal ini terjadi karena proses infeksi yang terjadi sebelumnya membuat jaringan lunak di sekitar kuku mengalami kematian akibat aliran darah yang tak lancar. Setelah proses penyembuhan, maka jaringan yang mati tadi akan terkelupas dan digantikan oleh sel – sel kulit baru. Hal ini tidak menjadi masalah asalkan kulit yang terkelupas tidak anda tarik – tarik yang malah dapat menimbulkan luka dan infeksi.

    Untuk mencegah terjadinya masalah pada kuku dan jaringan sekitarnya maka sebaiknya dilakukan perawatan pada kuku baik kuku jari tangan ataupun kaki anda. Jangan memotong kuku terlalu dalam sehingga menyebabkan luka dan timbul infeksi. Selain itu potonglah kuku dengan lurus sehingga pinggir kanan dan pinggir kiri sama rata dengan bagian tengah), jangan membentuk kurva pada kedua tepi, apalagi terlampau pendek karena malah akan menimbulkan keluhan. Hindari penggunaan alas kaki yang terlalu keras atau terlalu sempit yang dapat menyebabkan kuku dan jaringan di sekitarnya iritasi. Hindari pula kontak langsung dengan bahan kimia ataupun detergen. Jika sudah terjadi infeksi maka bisa diberikan antibiotik untuk membunuh kuman dan juga diberikan obat simptomatik seperti obat anti inflamasi untuk meredakan peradangan. Jika tidak bisa ditangani dengan obat – obatan maka harus dilakukan tindakan ekstraksi (pencabutan) kuku. Untuk mendapat penanganan terbaik maka silakan kunjungi dokter secara langsung.

    Silakan baca artikel berikut ini:

    Cantengan Jempol Kaki

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Kulit Terkelupas Setelah Cantengan, Normalkah?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.