• tatatata

    Selamat malam, Dok. Saya ingin berkonsultasi perihal keluhan penyakit kutil yang saya alami di telapak kaki. Sebelum memakai callusol kutil saya belum terasa sakit hanya mengganggu saja karena terasa mengganjal.

    Setelah saya memutuskan untuk memakai callusol selama 3 hari, kutil tersebut menjadi bengkak dan sensitif di area sekitar kulit serta terasa sakit ketika terinjak. Apa hal tersebut merupakan reaksi alergi, Dok? Langkah apa yang harus dilakukan untuk mengurangi rasa sakitnya?

     

    Terima kasih sebelumnya.

    Selamat siang.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Callusol mengandung tiga senyawa kimia dengan perannya masing – masing yakni asam salisilat yang berperan sebagai agen keratolitik untuk mengelupaskan atau menipiskan kulit yang menebal, asam laktat yang berperan sebagai pelembab dan juga polidokanol yang berperan untuk mengurangi rasa gatal. Penggunaan callusol hanya untuk daerah yang sakit. Jika terkena pada kulit yang sehat maka kulit akan memerah, terjadi pengelupasan berlebihan, dan juga iritasi. Jika berlanjut maka bisa terjadi infeksi.

    Efek samping ini bisa dikurangi atau dihilangkan dengan beberapa cara, yang pertama adalah hindari kontak berulang dan kemudian diberikan krim antiinflamasi untuk menekan peradangan.

    Untuk memastikan apakah yang anda alami apakah karena alergi atau infeksi silakan periksakan langsung ke dokter. Pertolongan pertama untuk meredakan nyeri dapat dengan mengkonsumsi obat penghilang nyeri seperti paracetamol.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Kutil Membengkak Setelah Memakai Callusol

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.