• Selamat Siang.

    Mohon maaf sebelumnya apabila saya mengganggu Bapak/Ibu Dokter sekalian.

    Saya mengalami kutu air/jamur kulit dan jamur kuku sekaligus. Jadi kulit di jari-jari kaki saya terkelupas dan perih serta kuku kaki saya menguning, rapuh, dan bentuknya jadi berantakan dan jelek.

    Pertanyaan saya apakah kutu air dan jamur kuku menyerang seseorang sekaligus atau biasanya satu penyakit saja? Serta obat apa yang baik dan ampuh untuk menghilangkannya? Bagaimana cara perawatan dan pencegahan penyakit ini?

    Mohon maaf apabila tutur kata saya kurang rapi, tidak sopan, serta apabila terdapat kata yang menyinggung Bapak/Ibu sekalian, dikarenakan saya adalah orang desa yang masih awam tentang teknologi dan surat online. Mohon sekiranya dimaklumi.

    Semoga Bapak/Ibu Dokter sekalian mau membantu saya. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya.

    Salam.

    M.David

    Selamat siang.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Pertama – tama yang harus dipastikan pada kasus yang anda alami adalah apakah benar keluhan tersebut disebabkan oleh jamur ataukah karena sebab lainnya misalnya adanya penyakit lain seperti penyakit autoimun. Hal ini mengingat bahwa keluhan kulit terkelupas, kuku rapuh dan menguning bukan hanya disebabkan oleh karena infeksi jamur. Sebenarnya yang dimaksud oleh orang awam sebagai kutu air dalam dunia kedokteran sama halnya dengan infeksi jamur. Namun ada beberapa jamur penyebab infeksi. Untuk memastikan apakah yang anda alami benar karena infeksi jamur atau karena sebab lainnya perlu dilakukan pemeriksaan fisik oleh dokter dan juga pemeriksaan penunjang dengan memeriksa potongan kuku dan ataupun sel – sel kulit mati menggunakan mikroskop. Hal ini dilakukan untuk menentukan ada tidaknya jamur dan apa jenis jamur yang menginfeksi. Hal ini penting untuk menentukan pengobatan yang tepat bagi pasien.

    Oleh karena itu silakan anda memeriksakan diri secara langsung ke dokter agar bisa dilakukan pemeriksaan secara mendetail guna menentukan penyebab keluhan anda dan menyingkirkan kemungkinan penyakit lainnya. Dalam forum ini kami hanya bisa memberikan kemungkinan penyebab dan tidak bisa memastikannya karena tidak melakukan pemeriksaan secara langsung. Pengobatan yang diberikan pun tergantung penyebab penyakitnya.

    Silakan baca artikel berikut ini:

    Obat Jamur Kuku Paling Ampuh Agar Hilang Tuntas

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Bagaimana Mengatasi Kutu Air dan Jamur Kuku?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.