• Kakah

    maaf dok. Saya mau nanya . sudah sebulan ini saya memakai IUD. Hari Pertama memakai enggak ada pendarahan. Pada hari ke 2 ada pendarahan selama 2 minggu sesudah itu 1 minggu enggak ada.

    Tapi sekarang malah berdarah lagi. Apakah itu enggak cocok atau bagaimana?

     

    Selamat malam.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang keluhan perdarahan pasca penggunaan IUD. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    Alat kontrasepsi berperan untuk mencegah kehamilan.  Ada beberapa jenis alat kontrasepsi yang banyak digunakan salah satunya IUD atau KB spiral. Selain bermanfaat untuk proteksi kehamilan, alat kontrasepsi ini juga memiliki efek samping yang bisa dialami penggunanya antara lain sebagai berikut:

    1. Gangguan menstruasi. Hal ini bisa terjadi akibat penggunaan IUD jenis copper. Jenis IUD ini bisa meningkatkan resiko perdarahan dan kram atau nyeri perut saat terjadi menstruasi.
    2. Perforasi rahim. Satu dari 1000 orang yang menggunakan alat kontrasepsi IUD berisiko mengalami perforasi atau luka pada uterus (rahim). Jika penggunaan IUD menyebabkan luka pada rahim pasien maka penggunaan alat ini harus dihentikan.
    3. Lepasnya IUD dari rahim sehingga fungsi proteksi dari kehamilan tidak ada. Sekitar 2 dari 10 hingga 100 orang pengguna kontrasepsi IUD dapat mengalami ekspulsi atau terlepasnya IUD dari uterus (rahim). IUD ini biasanya masuk ke vagina, dan biasa terjadi pada tahun pertama pemasangan IUD. Ekspulsi sering terjadi ketika IUD dipasang segera setelah kelahiran atau pada wanita yang tidak pernah mengalami kehamilan sebelumnya.

    Seperti yang telah disebutkan di atas perdarahan merupakan salah satu efek samping IUD. Namun untuk memastikan penyebab keluhan anda ada baiknya dilakukan pemeriksaan secara langsung ke dokter.

    7 Efek Samping KB Spiral (IUD)

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Lamanya Haid Setelah Menggunakan IUD

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.