• Dok saya mau tanya. Saya telah menikah dan di kb suntik 3 bulan. Setelah 2 kali suntik kb kemudian dilepas, tetapi setelah lepas kb haid saya jadi tidak teratur. Sebulan bisa 2 kali haid. Apa mungkin itu efek lepas kb ? Atau ada penyebab lain?
    Terimakasih sebelumnya.

    Selamat malam.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    KB memiliki manfaat yang sangat baik karena berfungsi melindungi agar seorang wanita tidak hamil, namun alat kontrasepsi juga memiliki efek samping bagi penggunanya terutama untuk penggunaan KB hormonal. Yang termasuk KB hormonal sendiri ada beberapa jenis antara lain pil KB, KB suntik 1 bulan dan 3 bulan, serta implan. Berikut adalah beberapa efek samping dari penggunaan suntik KB 3 bulan yaitu antara lain:

    • Menyebabkan perdarahan yang tidak teratur
    • Nafsu makan dan berat badan bertambah
    • Jerawat
    • Rambut rontok hingga kebotakan
    • Keputihan
    • Menstruasi sedikit atau tidak mens.

    Keluhan yang anda alami memang kemungkinan besar terjadi akibat penyuntikan KB 3 bulan. Biasanya efek samping KB suntik 3 bulan akan hilang setelah beberapa bulan (rata – rata maksimal 6 bulan) setelah dihentikannya penggunaan KB tersebut. Namun jika keluhan masih terus berlanjut maka alangkah baiknya anda memeriksakan kondisi anda

    Silakan baca artikel berikut:

    Waspadai Efek Samping KB Suntik 3 Bulan

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Apakah Haid Tidak Teratur Efek dari Lepas KB Suntik?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.