• Dok saya saya ingin bertanya, anak saya umur 2 tahun kemrin panas tinggi sampai 40 derajat disertai kejang-kejang. Periksa di laboratorium hasilnya leukosit tinggi sekali 42.000. Sekarang sudah turun jadi 21.000 dan sudah diberi obat yang paling tinggi dosisnya. Dokter spesialis disni belum bisa memastikan penyebabnya apa. Mohon penjelasannya dok, supaya cepat turun leukositnya.

    Selamat malam.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Demam merupakan peningkatan suhu tubuh di atas 37,5 derajat celsius. Keluhan ini merupakan keluhan umum yang kerap dialami oleh beberapa individu. Penyebabnya beraneka ragam sehingga perlu digali informasi mengenai karakteristik demam misalnya apakah demam tinggi mendadak ataukah naik perlahan, sejak kapan demam dirasakan, apakah demam terus menerus sepanjang waktu atau naik turun, adakah waktu tertentu yang menunjukkan suhu lebh tinggi misalnya pada sore dan malam hari serta gejala penyerta yang mengalami.

    Perlu anda ketahui bahwa penyebab demam sangat banyak sekali, paling sering karena infeksi. Demam disertai peningkatan leukosit kebanyakan terjadi karena infeksi bakteri namun harus dipastikan penyebab bakterinya salah satunya dengan pemeriksaan kultur darah. Peningkatan leukosit merupakan gejala dari suatu penyakit sehingga untuk mengatasinya perlu dicari tahu dulu penyebabnya. Pengobatan tergantung dari penyebab keluhan. Pemeriksaan resistensi antibiotik juga bisa dilakukan jika dicurigai adanya resistensi dari penggunaan antibiotik yang digunakan sehingga bisa dipilih jenis antibiotik yang sensitif bagi pasien untuk mengatasi bakteri penyebab.

    Silakan baca artikel berikut:

    7 Penyebab Leukosit Tinggi (Leukositosis)

    Antipiretik Si Obat Demam

    Obat Demam Anak Paling Efektif dan Aman

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Apakah Penyebab Leukosit Naik Drastis? Dan Bagaimana Menurunkannya?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.