• rere9373

    Kalau hasil rongsen menunjukan suspek pleura reaction bilateral itu mempengaruhi jumlah leukosit tidak ?

    Selamat pagi.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang keluhan leukosit tinggi dan retraksi pleura. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    Retraksi pleura bilateral artinya terdapat penarikan pleura di kedua paru – paru. Perlu dicari tahu apa yang menjadi penyebab retraksi pleura tersebut.

    Pleura merupakan selaput yang memisahkan paru-paru dengan dinding dada bagian dalam. Penyebab retraksi pleura bisa karena keganasan (kanker) paru, TBC, pneumonia dan lain sebagainya.

    Namun untuk memastikan penyebab keluhan yang anda alami ada baiknya dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu ke dokter terutama dokter spesialis paru untuk memastikan sumber permasalahannya dan menentukan terapi terbaik sehingga keluhan tidak berulang lagi.

    Jika penyebab retraksi pleura adalah karena infeksi maka dapat menyebabkan kadar leukosit meninggi atau disebut leukositosis. Jumlah leukosit normal antara 4500 – 10.700. Leukosit yang tinggi kebanyakan menunjukkan adanya infeksi terutama karena bakteri.  Akan tetapi bisa juga karena sebab lainnya.

    Silakan periksakan kondisi pasien secara langsung ke dokter untuk memastikan penyebab keluhan dan memperoleh  terapi terbaik.

    Silakan baca artikel berikut ini:

    7 Penyebab Leukosit Tinggi (Leukositosis)

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Apa Suspek Pleura Bisa Mengurangi Jumlah Leukosit?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.