• mitha

    Dok saya tanya?

    Kakek saya anemia dengan keluhan sesak nafas HB 8,0 leukosit 13 ribu.  akhirnya masuk rumah sakit.  di rumah sakit transfusi darah 2 bag dan di nebulaizer.

    Tapi 2 hari setelah di rawat leukositnya naik menjadi 31 rbu. 2 hari kemudian naik lagi menjadi 42 rbu.  sesak nafas berkurang tetapi bibirnya menjadi merah mual dan muntah.  Apa leukosit naik bisa karena alergi obat nebul?

    Selamat sore.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang keluhan leukosit tinggi. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    Leukosit dalam istilah awam disebut sebagai sel darah putih. Normalnya sel darah putih berjumlah 4500 sampai 10.700. Di atas itu maka termasuk leukositosis.

    Leukosit yang tinggi bisa terjadi karena beberapa hal antara lain karena infeksi bakteri hingga karena keganasan sel darah putih atau biasa disebut leukemia. Pada kasus kakek anda kemungkinan naiknya leukosit hingga 31 ribu terjadi karena proses infeksi yang terjadi.

    Alergi akibat pemberian obat nebulizer seharusnya tidak akan mempengaruhi jumlah leukosit sampai setinggi itu dan tentu akan memberikan gejala klinis alergi secara lebih jelas mulai dari bengkak pada tubuh, dan lain sebagainya.

    Perlu dilakukan pemeriksaan secara lebih detail pada kakek anda baik dengan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang untuk memastikan penyebab keluhan.

    Jika karena infeksi maka perlu dicari tahu sumber infeksi berasal dari paru – paru atau bagian tubuh lainnya. Untuk penjelasan lebih detail silakan konsultasi langsung dengan dokter yang menangani kakek anda karena tentu beliau yang lebih paham berdasarkan hasil pemeriksaan yang telah dilakukan.

    Silakan baca artikel berikut untuk penjelasan lebih detail:

    7 Penyebab Leukosit Tinggi (Leukositosis)

    Leukimia : Gejala, Penyebab, dan Pengobatan

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Leukositosis pada Alergi

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.