• Salam Sejahtera.

    Anak saya laki-laki  berumur 20 tahun. Pada tanggal 7 Juli 2017 melakukan operasi amandel. Setelah selesai operasi, lidah mati rasa tidak bisa merasakan rasa apapun. Keesokan paginya dilaporkan ke dokter yang melakukan operasi dan anak saya diberi obat/vitamin. Sore hari anak saya mulai bisa merasakan asin asam pahit dan pedas, tapi tidak bisa merasakan rasa manis.

    Kami mendapatkan penjelasan dari dokter bahwa amandel yang diambil itu besar dan harus dibersihkan tuntas. Dan ini mengakibatkan luka dan menggangu syaraf perasa. Syaraf perasa bisa kembali normal setelah beberapa hari atau beberapa minggu dan bisa juga beberapa bulan. Kami selaku orangtua sangat khawatir  indera pengecap anak kami tidak bisa kembali normal. Mohon bantuan dokter apa yang harus kami lakukan. Terimakasih atas bantuan dokter.

    Selamat malam.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Amandel yang membengkak akibat infeksi atau dalam istilah kedokteran disebut sebagai tonsiltis sebagian besar terjadi karena infeksi virus, selain itu bisa juga karena infeksi bakteri. Tonsilitis bisa bersifat akut maupun kronis. Tonsilitis akut biasanya akan menyebabkan keluhan nyeri saat menelan sedangkan pada tonsilitis kronis tidak ada keluhan nyeri menelan. Adanya bercak putih pada tonsil yang membengkak bisa terjadi karena detritus atau adanya kumpulan dari bakteri, leukosit dan juga epitel yang mengalami pelepasan.

    Pengobatan tonsilitis tergantung dari penyebab keluhan. Jika karena bakteri maka akan diberikan antibiotik untuk membunuh bakteri bakteri yang menyerang. Pasien juga bisa diberikan obat simptomatik berupa anti inflamasi untuk menekan peradangan yang muncul. Jika amandel terlalu besar hingga menyebabkan sumbatan pernapasan dengan gejala seperti tidur mendengkur dan sulit bernapas maka perlu dilakukan tindakan operasi tonsilektomi. Efek samping tonsilektomi berupa rasa nyeri pasca operasi yang lama kelamaan akan menghilang seiring berjalannya waktu. Selain itu bisa juga terjadi gangguan pengecapan pasca operasi. Namun keluhan ini bisa berangsur – angsur pulih kembali dalam beberapa hari hingga minggu. Jika keluhan yang dialami anak anda berlanjut hingga lebih dari 1 bulan maka sebaiknya memeriksakan diri ulang ke dokter untuk memastikan penyebab keluhannya.

    Silakan baca artikel berikut ini:

    Tonsilitis – Radang Amandel

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Apa yang Harus Dilakukan Jika Lidah Tidak Bisa Merasakan Manis Pasca Operasi Amandel?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.