• pagi dok, saya Desy berusia 20 tahun .

    Saat kita mengalami menstruasi apa benar bahwa kita tidak boleh mengkonsumsi minuman dingin, air kelapa, timun, dan yang lainnya? dan juga saya ingin lebih dijelaskan mengenai mengapa kita tidak boleh keramas saat mentruasi, karena jujur dok apabila saya tidak keramas itu dapat mengganggu aktivitas, seperti merasa kegerahan karena cuaca yang panas. Terima kasih sebelumnya dok.

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com

    Menstruasi atau haid merupakan proses keluarnya darah dari vagina akibat tidak ada pembuhan yang terjadi ( tidak dibuahinya sel telur oleh sel sperma). Pada saat menstruasi banyak wanita yang mengalami lemas, perut terasa nyeri, hingga anemia akibat banyaknya darah yang keluar saat haid sehingga terkadang mengganggu aktivitas sehari – hari. Akan tetapi pada sebagian wanita yang lain, hal ini tidak terjadi. Sebenarnya tidak ada makanan khusus yang diwajibkan dimakan atau dihindari oleh wanita yang sedang mens.

    Suatu makanan sebaiknya dihindari jika pada wanita yang haid sedang mengalami keluhan tertentu misalnya saja saat kram perut sebaiknya menghindari makanan yang malah akan menambah keluhan misalnya makanan yang terlalu pedas, asam dan lainnya. Minum teh bersamaan dengan nasi dan lauk pauknya juga dihindari mengingat teh dapat menghambat penyerapan zat besi yang dapat semakin meningkatkan risiko anemia pada wanita yang mens (hal ini mutlak dihindari pada wanita atau pria). Namun jika tidak ada keluhan yang terjadi, sebenarnya anda boleh makan apapun.

    Untuk keramas sendiri tidak ada hubungannya dengan menstruasi. Anda boleh keramas kapan pun yang anda mau.  Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

    100 Makanan Penambah Darah untuk Tingkatkan Kadar Hb

Beranda Tanya Dokter Makanan dan Minuman yang Dilarang Dikonsumsi Saat Menstruasi

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.