• naya nia

    Dokter saya ingin menanyakan tentang amandel saya. Saya ini berumur 22 tahun saat ini. Amandel saya waktu kecil sering meradang, tapi sekarang tidak. Saya sebelumnya belum pernah operasi amandel.

    Nah sekarang ini munurut saya amandelnya terlalu besar (besarnya hampir setengah menutupi lubang tenggorokan) dan kadang saya merasa kayak ada yang mengganjal ditenggorokan dan mengganggu. dan lagi saya kadang kalo tidur mendengkur, apakah ini karena amandel?, apakah saya memerlukan operasi dalam kasus ini dok?

    Selamat sore.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang keluhan amandel. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    Amandel yang membengkak akibat infeksi atau dalam istilah kedokteran disebut sebagai tonsiltis sebagian besar terjadi karena infeksi virus. Meskipun dalam beberapa kasus bisa juga terjadi karena infeksi bakteri. Tonsilitis bisa bersifat akut maupun kronis. Tonsilitis akut biasanya akan menyebabkan keluhan nyeri saat menelan sedangkan pada tonsilitis kronis tidak ada keluhan nyeri menelan. Adanya bercak putih pada tonsil yang membengkak bisa terjadi karena detritus atau adanya kumpulan dari bakteri, leukosit dan juga epitel yang mengalami pelepasan.

    Pembesaran kelenjar getah bening yang terasa nyeri biasanya sering mengiringi saat tubuh terserang infeksi, termasuk saat terjadi tonsilitis. Kelenjar getah bening berperan sebagai salah satu mekanisme pertahanan tubuh sehingga kelenjar ini akan membesar dan bisa menimbulkan nyeri saat tubuh dimasuki oleh benda asing (mikroorganisme).

    Pengobatan  tonsilitis bisa dengan obat – obatan. Namun jika tonsilitis sering berulang dan sangat besar sehingga menutup jalan napas maka perlu dilakukan tindakan operasi. Tanda amandel telah menutup jalan napas salah satunya napas terasa sulit dan tidur mendengkur. Untuk memastikan penanganan terbaik bagi kondisi anda ada baiknya konsultasikan langsung dengan dokter spesialis THT.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Masalah Amandel Dewasa Perlu di Operasi Tidak?

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.