• Siang dok saya edah umur 29 tahun, saya mau tanya saya pake KB udah 5 tahun yang suntik 1 bulan tapi udah berhenti 4 bulan. Akan tetapi kenapa ko belum haid-haid malah yang ada berat badan semakin naik dan sering mual terus saya coba di tespek hasil nya negatif.

    Selamat malam.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    KB atau alat kontrasepsi memang bermanfaat untuk melindungi agar seorang wanita tidak hamil, namun alat kontrasepsi juga memiliki efek samping bagi penggunanya terutama alat kontrasepsi hormonal. Beberapa jenis alat kontrasepsi hormonal antara lain pil KB, KB suntik 1 bulan dan 3 bulan, serta implan. KB 1 bulan mengandung hormon estrogen dan progesteron. Efek samping yang ditimbulkan oleh penggunaan KB 1 bulan ini antara lain sebagai berikut:

    1. Efek samping karena kelebihan estrogen berupa mual, penumpukan cairan, sakit kepala, nyeri pada payudara, dan keputihan. Rasa mual yang muncul bisa disertai muntah, diare dan perut kembung.  Retensi cairan menyebabkan bertambahnya berat badan. Efek samping lainnya yang bisa muncul adalah hipertensi atau meningkatnya tekanan darah.
    2. Efek samping karena kelebihan progesteron, antara lain menyebabkan perdarahan yang tidak teratur, nafsu makan dan berat badan bertambah, jerawat, rambut rontok hingga kebotakan, keputihan, hingga menstruasi sedikit atau tidak mens.

    Setelah penghentian KB hormonal kadang seorang wanita tidak langsung memiliki tingkat kesuburan normal seperti sebelum menggunakan alat kontrasepsi ini karena masih tersisanya kandungan hormon dalam tubuh. Namun keluhan yang anda alami juga bisa karena sebab lainnya. Ada baiknya anda memeriksakan diri ke dokter secara langsung untuk memastikan penyebab keluhan anda.

    Silakan baca artikel berikut:

    Waspadai Efek Samping KB Suntik 1 Bulan

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Berhenti KB, Tidak Haid Haid dan Ingin Cepat Hamil

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.