• Bondan Akzha

    Dok saya mau tanya…

    Apakah bisul yang sudah pecah boleh dikeluarkan sendiri? Lalu bagaimana kalau tidak dikeluarkan semuanya?  Saya tidak tahan sakitnya dok…

    Terimakasih

    Selamat sore.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang keluhan bisul. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    Keluhan bisul termasuk salah satu keluhan yang sering dialami oleh beberapa orang. Bisul terjadi karena infeksi bakteri. Secara normal pada kulit manusia memang terdapat bakteri yang berperan sebagai flora normal. Namun jika terjadi luka pada kulit atau keadaan lainnya yang menyebabkan ketidakseimbangan flora normal pada kulit maka bakteri ini akan menginfeksi kulit dan menyebabkan peradangan. Gejala yang muncul berupa rasa nyeri, kemerahan, bengkak dan juga timbul nanah. Penyakit ini disebut juga abses kulit.

    Pengobatan yang diberikan bisa dengan pemberian antibiotik, biasanya berupa antibiotik topikal (dalam bentuk krim ataupun salep). Namun jika peradangan cukup hebat maka bisa juga diberikan antibiotik oral (obat minum). Selain itu pasien juga bisa diberikan obat simptomatik untuk mengurangi gejala seperti obat anti inflamasi (anti radang) dan anti nyeri seperti paracetamol. Alangkah baiknya jika anda tidak memencet bisul tersebut. Karena tindakan pemencetan yang tidak bersih malah akan membuat infeksi semakin hebat. Biarkan bisul pecah dan terjadi drainase (pengaliran keluar) isi abses dengan sendirinya. Jika keluhan berlanjut silakan periksakan langsung kondisi anda ke dokter di daerah anda.

    Silakan baca artikel berikut:

    Benjolan di Ketiak : Penyebab dan Pengobatannya

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Bisul Sudah Pecah, Bolehkah Menangani Bisul Sendiri?

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.