• Dokter mau tanya anak saya cacingan dan sebulan yang lalu sudah minum obat cacing tapi kenapa sekarang masih ada cacingnya muncul ketika BAB? Apakah harus diulangi minum obat cacingnya?

    Selamat Pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Cacing kremi adalah penyebab cacingan yang paling sering pada anak. Namun sebenarnya cacingan akibat cacing kremi (Enterobius vermicularis) bisa dialami oleh anak – anak hingga orang dewasa. Cacing kremi bisa masuk atau menularkan dari anak yang satu ke anak lainnya karena higiene pribadi yang buruk. Oleh karena itu mengajarkan anak untuk selalu menjaga higiene dengan baik (seperti cuci tangan dengan air mengalir disertai menggosok sela – sela kuku sebelum makan, sesudah bermain dan sesudah dari toilet ) dapat menghentikan penyebaran infeksi akibat cacing ini.

    Gejala terinfeksi cacing kremi antara lain sebagai berikut:

    • Gatal di sekitar anus terutama saat malam hari
    • Vaginitis pada wanita (infeksi pada vagina).
    • Keluar cacing kremi saat anak buang air besar. Cacing kremi rata – rata berukuran 1 cm dan sering bercampur pada feses/ tinja atau bisa juga terlihat di bokong anak.
    • Gejala cacingan lain yang mungkin dirasakan antara lain perut sakit, mual, dan lain sebagainya.

    Ada baiknya anda memeriksakan kembali ke dokter terkait kondisi anak anda sehingga dapat dipastikan penyebabnya dan mendapat penanganan yang sesuai. Bisa jadi obat yang diberikan sebelumnya kurang efektif ataupun dosisnya kurang sehingga bisa diberikan obat lain yang lebih sesuai. Selain itu pastikan untuk selalu menjaga higienitas anak karena hal ini mempercepat pemulihan dan mencegah berulangnya keluhan.

    Silakan baca artikel berikut:

    Obat Cacing Kremi untuk Anak dan Dewasa

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Mengapa Anak Sudah Minum Obat Cacing, Tapi Belum Sembuh Juga?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.