• Dok saya punya gigi geraham yang berlubang dan ingin saya cabut. pertanyaanya untuk ruang bekas tempat gigi yang dicabut harus diganti dengan gigi palsu atau di biarkan saja? terimakasi

    Selamat malam.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Gigi yang berlubang atau dalam istilah kedokteran disebut juga sebagai karies dentis memiliki beberapa tahapan karies, mulai dari lubang hanya pada lapisan luar gigi hingga ikut sertanya jaringan saraf yang menyokong gigi. Penyebab keluhan ini paling sering karena kebersihan rongga mulut yang tak terjaga misalnya menumpuknya plak pada gigi akibat tidak rutin menggosok gigi, dan lain sebagainya. Pengobatan gigi berlubang sebenarnya dibagi jadi dua yakni tindakan penambalan gigi atau dengan tindakan ekstraksi atau pencabutan gigi. Pilihan pengobatan tergantung beberapa hal, yang paling utama adalah tingkat keparahan karies tersebut.

    Ada baiknya anda berkonsultasi dengan dokter gigi anda agar dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu dan baru berkonsultasi pilihan terapi terbaik bagi kasus anda. Jika memang masih bisa dipertahankan maka alangkah baiknya anda tidak mencabutnya. Namun jika lubang sangat luas dan membuat gigi tidak bisa dipertahankan kembali maka tindakan pencabutan bisa dilakukan. Pasca tindakan pencabutan alangkah baiknya dilakukan pemasangan gigi palsu untuk mencegah bergesernya gigi yang lain akibat adanya tempat kosong yang ditinggalkan. Pergeseran gigi ini dapat menimbulkan efek samping yang lebih berat jika tidak diatasi seperti susunan gigi menjadi berantakan hingga menyebabkan gigi lainnya ikut goyang.

    Silakan baca artikel berikut ini:

    Perawatan Gigi Berlubang : Tambal atau Cabut?

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Setelah Cabut Gigi Apakah Harus Pakai Gigi Palsu?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.