• darrenia

    Selamat Malam, dok

    Saya ingin bertanya mengenai payudara saya yang berurat di sebelah kanan belakangan hari ini. Dan saya mengalami pembesaran payudara di sebelah kanan juga. Mengingat umur saya yang masih 14 tahun apakah ini berbahaya? dan apa yang harus saya lakukan?

    Selamat malam.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang gangguan di payudara. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    Payudara merupakan organ yang terdiri dari kelenjar air susu, jaringan lemak hingga pembuluh darah. Urat yang anda maksud ada di sekitar payudara adalah pembuluh darah. Terlihatnya pembuluh darah di sekitar payudara sebenarnya tidak perlu dikhawatirkan karena termasuk hal normal kecuali jika pembuluh darah menonjol, menimbulkan nyeri dan keluhan lainnya.

    Payudara bisa berbeda ukurannya antara kiri dan kanan. Payudara yang besar sebelah (asimetris) adalah kondisi ketika sepasang payudara wanita memiliki perbedaan dalam ukuran, juga bentuk, posisi, atau volume kedua payudara. Pada umumnya, payudara asimetris akan tampak lebih menonjol perbedaannya selama masa puber dan pada akhirnya akan seimbang dengan sendirinya. Akan tetapi hingga 25 persen wanita melaporkan perbedaan ukuran dua payudara tersebut terus menetap sepanjang hidupnya. Lebih dari setengah dari populasi wanita di dunia memiliki sepasang payudara yang besar sebelah. Biasanya, payudara kiri akan lebih besar — hingga 20 persen — daripada sisi kanan. Hanya sedikit wanita yang memiliki payudara simetris dengan dua ukuran yang sama persis.

    Pembesaran payudara sebelah bisa terjadi karena hal normal atau bisa juga karena gangguan kesehatan tertentu. Keadaan normal yang dapat menyebabkan keluhan ini antara lain pada saat ovulasi hingga menyusui. Jika keluhan pembesaran payudara tampak signifikan atau hingga menimbulkan gangguan maka ada baiknya anda memeriksakan diri ke dokter.

    Payudara Besar Sebelah dan Benjolan di Ketiak

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Masalah pada Payudara

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.