• Malam dok, saya ingin bertanya mengenai penyakit sinusitis. Kebetulan sinusitis saya sudah sekitar 6 tahunan. Sinusitis yang saya alami mungkin tidak terlalu parah. Setiap saya periksa ke dokter,  beliau hanya menjawab ini hanya sinusitis karena alergi debu dan dingin dan tidak bermasalah.

    Lalu,  semakin kesini belum sembuh-sembuh. Saya menjalani terapi alami untuk menghilangkan alergi ini. Gejala yang saya alami adalah apabila ada suasana di sekitar saya dingin ataupun banyak debu, hidung saya akan sering bersin dan mengakibatkan hidung sesekali tersumbat.

    Namun, pernah juga ingus keluar dengan warna merah atau kecoklatan yang membuat saya berfikir, apakah mukosa hidung saya luka,  dan apakah bahaya? Namun  saya tidak merasakan sakit itu.

    Pertanyaan saya, bagaimana solusi untuk mengatasinya hingga tuntas? Dan apakah berbahaya? Mohon penjelasannya, terima kasih dok.

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Informasi tentang sinusitis sebenarnya sudah banyak dijelaskan dalam forum ini. Sinusitis merupakan infeksi pada rongga sinus. Sinusitis terbagi dua yakni sinusitis akut (gejala muncul kurang dari 4 minggu) dan sinusitis kronik (gejala muncul lebih dari 12 minggu. Gejala sinusitis secara umum antara lain sebagai berikut:

    • Nyeri pada area wajah yang terkena (misalnya: dahi, bagian bawah mata, area di antara dua mata,sekitar alis, ataupun area sekitar pipi)
    • Rasa tersumbat pada hidung
    • Keluar sekretingus pada hidung ( sekret bisa berwarna putih hingga kuning kehijauan)
    • Penciuman berkurang
    • Gejala lain yang bisa muncul antara lain: demam, susah bernafas, lemas, dan sakit gigi.

    Sinusitis memang bisa dicetuskan oleh alergi baik debu, udara dingin dan lain sebagainya. Jika reaksi alergi terjadi maka ingus akan diproduksi  terus menerus dan lama kelamaan akan terperangkap di dalam rongga sinus sehingga terjadi sinusitis. Oleh karena itu untuk meredakan atau menghilangkan sering berulangnya sinusitis yang pertama kali harus dilakukan adalah menghindari alergen (bahan – bahan penyebab alergi). Jika anda alergi debu dan udara dingin maka usahakan untuk menghindarinya.

    Ingus yang berwarna kecoklatan atau kemerahan bisa terjadi karena faktor infeksi ataupun karena pecahnya pembuluh darah kapiler. Namun untuk memastikannya penyebabnya silakan periksakan langsung ke dokter. Pengobatan tergantung dari penyebab keluhannya.

    Silakan baca artikel berikut:

    9 Gejala dan Ciri-ciri Sinusitis

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Sinusitis Tak Kunjung Reda, Bagaimana Menanganinya Hingga Tuntas?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.