• Assalamualaikum,
    Dokter saya punya masalah dengan perut(lambung) saya yang sering kembung,sendawa dan juga mual tapi tak mau muntah seperti perut saya ini selalu kosong, kalau saya sudah seperti itu maka saya pun sulit BAB.

    Padahal saya sekarang sudah sering makan (dalam hal ini bukan banyak) tapi saya tidak merasa bahwa perut saya terisi..juga saya sering merasa seperti ada angin/gas yang berjalan di area sekitaran perut.jika asam lambung saya naik akan ada lendir-lendir didalam mulut saya

    Yang saya ingin tahu adalah ada apa dengan lambung saya dan bagaimana mengatasinya?terimakasih..Wassalamuallaikum.

    Saya pernah minum obat maag,dan sekarang saya berpikir bahwa saya ini cacingan di usia 19 tahun ini. Dikarenakan sudah 2 tahun lebih saya tamat SMA tapi berat badan saya tak kunjung naik.

     

    Selamat malam.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang keluhan gangguan di perut, mual, sendawa dan lain sebagainya. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    Keluhan mual – mual sering dialami oleh beberapa individu. Kebanyakan kaitannya dengan gangguan pada lambung yakni terjadi peningkatan asam lambung.

    Meningkatnya asam lambung ini menyebabkan terjadinya dispepsia. Keluhan yang sering muncul akibat dispepsia antara lain berupa mual – mual, muntah, nyeri ulu hati, kembung, sendawa dan lain sebagainya.

    Beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya dispepsia antara lain karena faktor telat makan, konsumsi makanan yang mengiritasi lambung seperti makanan yang terlalu asam, pedas, makanan mengandung kolesterol tinggi, kebiasaan mengkonsumsi obat penghilang nyeri  dan lain sebagainya.

    Untuk memastikan penyebab keluhan anda ada baiknya dilakukan pemeriksaan secara langsung ke dokter. Jika memang karena gangguan lambung (dispepsia) maka ada beberapa upaya yang bisa dilakukan untuk mengatasi keluhan ini antara lain dengan:

    • Jaga asupan makanan yang dikonsumsi. Makan sebaiknya dalam porsi sedikit namun sering, hindari makanan dan minuman yang mengiritasi lambung (seperti rujak, sambal, mie, kopi, soda dan masih banyak lagi), usahakan tidur dengan posisi bantal yang lebih tinggi, konsumsi air hangat, dll.
    • Rilekskan pikiran karena faktor stress bisa menjadi salah satu faktor pencetus dispepsia.
    • Konsumsi obat – obatan untuk mengatasi dispepsia seperti antasid ataupun golongan proton pump inhibitor (seperti omperazol, lansoprazol), ataupun golongan anti histamin (seperti ranitidin, cimetidin, dan lain sebagainya).

    Dispepsia – Pengertian, Gejala & Pengobatan

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Masalah Perut Kembung, Sendawa, dan Mual

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.