• Selamat malam dok. Saya Kartika usia 29 tahun, ibu rumah tangga dengan 2 orang anak.
    Saya ingin menanyakan mengenai seputar organ kewanitaan. Sudah 2 hari ini saya mengalami sakit atau nyeri di perut bagian bawah, dan panggul sebelah kanan. Rasanya seperti panas atau terbakar, dan perut bagian bawah rasanya seperti “mengondoy”. Apabila berjalan cukup sakit. Gejala penyakit apa yang saya alami dok? Mohon penjelasannya dan solusinya .
    Terima kasih.

    Selamat malam.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan nyeri perut merupakan keluhan yang sangat sering dialami oleh beberapa individu. Keluhan ini bisa terjadi karena masalah ringan ataupun masalah lain yang lebih berat. Tipe nyeri yang dirasakan serta gejala penyerta yang dialami pasien juga turut membantu memberi informasi guna mengidentifikasi kemungkinan penyebab keluhan anda. Nyeri perut bisa terjadi seperti ditusuk – tusuk, tertekan, mulas, nyeri yang hilang timbul atau terus menerus.

    Berikut beberapa kemungkinan penyebab keluhan nyeri perut bagian bawah seperti yang anda alami yaitu antara lain:

    1.       Infeksi saluran kemih bisa menjadi penyebab keluhan nyeri di suprapubik atau perut bagian bawah tepatnya di atas kemaluan. Keluhan ini disertai keluhan lain misalnya demam, anyang – anyangan, rasa tidak puas paska berkemih dan lain sebagainya.

    2.       Infeksi pada organ reproduksi baik pada vagina, leher rahim atau infeksi pada saluran reproduksi lainnya bisa juga menyebabkan keluhan nyeri di bagian perut bawah. Keluhan ini bisa disertai keputihan atau keluhan lainnya

    3.       Batu pada saluran kemih juga bisa menyebabkan keluhan nyeri. Nyeri terasa pada bagian saluran kemih yang terkena. Jika mengenai saluran kemih bagian kanan maka keluhan nyeri akan terasa pada perut kanan. Keluhan nyeri umumnya terasa hilang timbul. Bisa disertai dengan gangguan berkemih dsb.

    4.       Penyebab lainnya

    Banyaknya kemungkinan penyebab ini membuat pentingnya pemeriksaan fisik dan ataupun penunjang sehingga ada baiknya anda melakukan pemeriksaan secara langsung ke dokter agar bisa dilakukan pemeriksaan – pemeriksaan tersebut secara langsung dan detail sehingga dapat tegak diagnosis penyakit yang anda alami.

    Silakan baca artikel berikut ini:

    Kram Perut Bawah, Inilah Penyebab dan Obatnya

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Bagaimana Mengatasi Nyeri di Perut Bagian Bawah?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.