• Dok mau tanya,

    Baru sekitar semingguan awalnya badan demam setelah itu kembali normal. Lalu gak ada ingus, gak batuk, tapi hidung sebelah kiri tersumbat. Ada bau kurang enak pada hidung yang tersumbat. Tiap pagi bangun tidur banyak keluar ingus warna jernih. Itu kenapa ya?

    Terimakasih.

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan hidung tersumbat dan bau yang tak enak keluar dari hidung bisa disebabkan oleh beberapa hal misalnya karena:

    1. Rhinitis atau infeksi pada rongga hidung bisa menyebabkan keluhan keluarnya sekret (ingus) dari dalam rongga hidung, kadang hidung juga mampet atau tersumbat, dan juga bisa disertai demam. Jika infeksi disebabkan oleh bakteri maka bisa juga keluar bau tak sedap dari hidung.
    2. Sinusitis juga bisa menyebabkan keluar ingus dari hidung, hidung tersumbat, dan juga demam. Selain itu bisa juga muncul keluhan nyeri di bagian wajah sesuai dengan rongga sinus yang terinfeksi misalnya nyeri di pipi, bagian belakang mata, dahi dan lainnya.
    3. Polip hidung atau tumbuhnya massa bertangkai pada rongga hidung juga bisa menyebabkan keluhan hidung tersumbat, keluar bau tak sedap dari hidung dan lainnya.
    4. Penyebab lainnya

    Banyaknya kemungkinan penyebab ini membuat pentingnya pemeriksaan fisik dan ataupun penunjang sehingga ada baiknya anda melakukan pemeriksaan secara langsung ke dokter agar bisa dilakukan pemeriksaan – pemeriksaan tersebut secara langsung dan detail sehingga dapat tegak diagnosis penyakit yang anda alami. Pengobatan yang diberikan tergantung dari penyebab keluhan anda.

    Silakan baca artikel berikut ini:

    Cara Menghilangkan Hidung Tersumbat

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Hidung Tersumbat dan Bau Tak Enak, Masalah Sinusitis?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.