• selamat sore dok
    saya mau bertanya umur saya 19th tadi pagi saya habis melakukan medical cek up untuk masuk kesebuah perusahaan besar yaitu toyota disitu saya mendapati tes audio dimana telinga kanan dan kiri ditutup dengan heandset besar.

    telinga kanan saya mendengar sebuah bunyi klik secara berulang kali tapi tidak dengan telinga kiri saya yang hanya mendengar 2x bunyi lantas perawat yg memeriksapun masuk kedalan ruangan saya dan mencoba heandset tersebut sehingga saya harus mengulang untuk telinga kiri 2x dan hasilnya sama saya tidak mendengar bunyi klik yg saya dengar hanya bunyi orang berbicara.

    tapi sampai saat ini kondisi saya merasa normal sering saya memakai hendset untuk musikan dan sebelah kiri masih mendengar dan tidak pernah mengeluarkan cairan. sebulan sekali saya membersihkan telinga tapi saat pemeriksaan dokter telinga kiri saya kotor. apa itu terjadi karena ada kotaran yang menumpuk yg tidak bisa dibersihkan cottonbut sehingga pendengar saya sedikit terganggu untuk telinga kiri ???
    terimakasih dok

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Gangguan telinga memiliki banyak penyebab. Untuk mengetahui penyebabnya tidak bisa hanya berdasarkan informasi singkat dalam forum ini. Sayangnya saya sendiri kurang bisa memahami bunyi klik yang tidak terdengar yang anda maksudkan. Perlu dilakukan pemeriksaan fisik secara langsung pada telinga pasien untuk mengetahui penyebabnya. Berikut akan disampaikan beberapa penyebab gangguan telinga yaitu antara lain:

    1. Serumen propt atau kotoran yang menyumbat liang telinga dan cukup sulit dikeluarkan dengan cotton bud.
    2. Tuli konduksi (tuli akibat gangguan penghantaran bunyi akibat tulang telinga) ataupun tuli sensorineural (tuli karena gangguan saraf)
    3. Otosklerosis atau adanya kekakuan pada tulang telinga tengah
    4. Penyakit meniere yang terjadi akibat tekanan cairan di telinga dalam yang abnormal
    5. Tumor yang mempengaruhi saraf telinga, misal neuroma akustik.
    6. Infeksi pada telinga
    7. Penyebab lain

    Oleh karena itu ada baiknya anda memeriksakan diri secara langsung ke dokter spTHT agar bisa dilakukan pemeriksaan fisik dan penunjang yang sesuai. Anda sebaiknya konsultasi hasil pemeriksaan dengan dokter yang menangani anda karena tentu ia yang lebih paham dengan kondisi anda berdasarkan hasil pemeriksaan.

    4 Macam Penyakit Telinga yang Umum Terjadi

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Masalah Telinga Saat Medical Check Up

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.