• Halo dok, saya ingin bertanya.

    Mata kanan saya bengkak hampir 1 minggu, kemarin sudah periksa ke dokter tapi tidak dilakukan diagnosis. Dokter hanya berkata mata saya terkena infeksi bakteri, dan bakterinya masih bersarang di mata sekaligus terjadi penyumbatan. Itulah kenapa mata saya masih bengkak sampai sekarang.

    Saat ini yang saya rasakan kelopak mata saya sedikit menghitam dan benjolannya setelah dikompres menjadi sedikit lunak dan tidak nyeri. Tapi ketika bangun tidur bengkaknya tumbuh lagi. Saya rasa saya terkena penyakit kalazion. Bagaimana ciri-ciri penyakit kalazion akan sembuh dok? Terima kasih.

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Kalazion merupakan benjolan pada kelopak mata yang terlokalisir, bulat dan biasanya timbul perlahan. Tidak seperti hordeolum (bintitan), peradangan pada kalazion tidak disertai nyeri. Ada beberapa berbagai macam. Ada beberapa kalazion bisa hilang dengan sendirinya namun sebagian lainnya tidak butuh pengobatan. Sebaiknya pasien mengompres kelopak mata yang mengalami kalazion dengan air hangat selama kurang lebih 10 menit beberapa kali sehari untuk mengurangi pembengkakan dengan melembutkan minyak yang tersumbat dalam kelenjar. Jika dengan cara ini, kalazion tidak hilang dengan sendirinya dalam waktu 1 bulan, maka ada beberapa pilihan terapi yang bisa dilakukan anda lakukan yang paling efektif adalah dengan tindakan pembedahan.

    Jika kalazion akan menyembuh maka benjolan akan melunak, kemudian akan ada drainase atau pengeluaran cairan yang menyumbat tersebut sehingga benjolan akan mengecil secara perlahan. Jika tidak terlihat adanya pengurangan ukuran maka artinya tidak ada perbaikan.

    Silakan anda periksakan ulang ke dokter jika tidak ada perbaikan keluhan dalam waktu maksimal 1 bulan.

    Silakan anda baca artikel berikut ini:

    Kalazion : Gejala, Penyebab, dan Pengobatan

    Sekian jawaban dari saya semoga dapat membantu.

     

     

Beranda Tanya Dokter Bagaimana Ciri-ciri Penyakit Kalazion Akan Sembuh?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.