• Maaf dok saya mau nanya, anak saya umur 2 tahun mempunyai bisul di jidat, ketika bisul nya pecah matanya ikut bengkak dan tidak bisa terbuka. Ini sudah berlangsung selama 12 jam. 

    Mohon solusinya. Terimakasih.

    Selamat malam.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang mata bengkak. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    Mata bengkak bisa terjadi pada siapa saja baik muda maupun tua. Penyebab keluhan mata bengkak bisa karena banyak hal sehingga perlu dicari tahu bagian mata  mana yang mengalami bengkak misalnya apakah kelopak mata, atau bagian lain.

    Pada kasus anda dimana mata bengkak pasca bisul di dahi pecah sebenarnya bisa tidak berkaitan satu sama lain atau artinya keluhan tersebut berdiri sendiri – sendiri. Berikut adalah beberapa kemungkinan penyebab keluhan mata bengkak  yakni:

    • Hordeolum atau infeksi pada kelenjar minyak di kelopak mata bisa terjadi pada siapa saja. Keadaan ini dalam istilah awam juga disebut bintitan.
    • Kalazion juga merupakan infeksi pada kelopak mata, namun infeksinya lebih bersifat kronis sehingga tidak ada tanda kemerahan pada matanya.
    • Infeksi pada konjungtiva atau konjungtivitis juga bisa menyebabkan keluhan edem palpebra atau pembengkakan pada kelopak mata.
    • Penyebab lainnya.

    Untuk memastikan penyebab keluhan anda perlu dilakukan pemeriksaan secara langsung oleh dokter baik dengan pemeriksaan fisik dan ataupun pemeriksaan penunjang. Pengobatan tergantung dari penyebab keluhan.

    Silakan baca artikel berikut ini:

    Penyebab Mata Bengkak dan Cara Mengatasinya

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter MATA BENGKAK AKIBAT BISUL

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.