• Saya Aldi umur 15 tahun dan saya ingin bertanya kepada dokter. Mengapa mata saya bengkak setiap kali saya bangun tidur baik itu siang maupun pagi, dan gejala itu tidak terasa sakit sedikitpun . Dan karena hal itu saya kurang percaya diri untuk pergi ke sekolah . Terkadang saya mengompresnya dengan menggunakan es dan kain namun usaha yang saya lakukan tidak begitu sempurna . Mohon masukan dan sarannya ya dokter, terima kasih.

    Selamat sore.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Mata bengkak ketika bangun tidur bisa mengganggu penampilan sehingga banyak orang yang merasa tak nyaman dengan keadaan ini. Penyebab keluhan mata bengkak saat bangun tidur bisa merupakan hal normal atau bisa juga karena penyakit tertentu yang mendasarinya sehingga perlu digali informasi secara lebih detail mengenai keluhan ini. Berikut adalah beberapa kemungkinan penyebab keluhan mata bengkak saat bangun tidur yakni:

    • Posisi tidur yang kurang tepat. Kurang tingginya posisi kepala dibandingkan dengan leher atau badan dapat membuat cairan terkumpul di area mata sehingga menyebabkan bengkak tersebut. Gunakanlah bantal yang nyaman sehingga cairan tersebut pun akan secara alami turun dari bagian mata.
    • Kurangnya waktu tidur bisa menjadi salah satu penyebab bengkak pada kelopak mata. Mata bisa mengalami peradangan dan pembuluh darah di bawah area mata akan membengkak.
    • Makan makanan terlalu asin  (mengandung natrium tinggi) juga bisa menjadi pemicu mata bengkak.
    • Sindrom nefrotik merupakan salah satu penyakit yang dapat menyebabkan bengkak pada kelopak mata saat bangun tidur. Hal ini terjadi karena penumpukan cairan pada jaringan longgar termasuk di area mata.

    Silakan baca artikel berikut ini:

    Penyebab Mata Bengkak dan Cara Mengatasinya

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Mengapa Mata Bengkak Ketika Bangun Tidur?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.