• Apakah mata yang tidak bisa melihat akibat benturan di kepala saat kecelakaan bisa pulih dan normal kembali dok?

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Pertama – tama yang harus dicari tahu adalah apa yang menyebabkan kebutaan pada mata pasca kecelakaan. Apakah karena adanya gangguan pada saraf atau karena kerusakan pada bagian mata yang menghantarkan cahaya. Berikut ini adalah beberapa penyebab kebutaan yakni:

    • Terputusnya saraf mata dalam hal ini adalah nervus optikus.
    • Kerusakan pada kornea mata.
    • Kerusakan pada retina mata.
    • Penyebab lainnya.

    Saraf sendiri merupakan salah satu bagian yang berperan penting bagi tubuh yang memiliki fungsi sensorik (kemampuan untuk merasakan sesuatu) dan motorik (kemampuan untuk menggerakkan bagian tubuh). Sistem saraf perifer seperti saraf yang terletak di wajah, lengan maupun tungkai memiliki kemampuan regenerasi yang lebih baik daripada saraf pusat (otak dan sumsum tulang belakang). Nervus optikus merupakan salah satu sistem kranial yang ada pada otak sehingga kerusakan pada saraf ini memiliki kemampuan yang lambat untuk perbaikan.

    Mohon maaf dalam forum ini kami tidak bisa menjelaskan secara detail karena memang harus dilakukan pemeriksaan secara langsung terlebih dahulu untuk menilai kondisi kesehatan mata anda. Oleh karena itu alangkah baiknya jika anda memeriksakan diri secara langsung ke dokter dalam hal ini dokter spesialis mata agar bisa dilakukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang guna memastikan penyebab kondisi anda saat ini. Pengobatan dan penentuan hasil terapi baru bisa ditentukan setelah mengetahui penyebab keluhan anda.

    Silakan baca artikel berikut ini:

    Ablasio Retina : Gejala, Penyebab, Pengobatan

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Mata Buta Akibat Benturan Kepala Bisa Normal Kembali?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.