• Okta fernando

    Dok saya mau nanya kenapa pori pori saya menjadi membesar dan disertai warna bintik-bintik putih di bagian pori-porinya dok, pori-pori bintik putih ini awalnya kecil dan tidak gatal dok tetapi semakin hari semakin membesar kayak panu terus saya mengobati dengan obat panu malah menjadi semakin besar dok bintik putihnya dan menyebar ,ketika bintik warna putih yang terdapat di pori-pori semakin membesar dok yang awalnya tidak gatal malah sekarang ketika saya beraktivitas di siang hari malah menimbulkan rasa gatal dok.

    Jadi saya suka minder dok kalau mau buka baju apalagi pada saat berenang bersama temen dok.

     

    Mohon dok penjelasannya penyakit kulit apa yang saya alami dan bagaimana pengobatannya dan apakah ada cara alami untuk mengobatinya dok

    Terimakasih dok atas perhatiannya.

    Selamat malam.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang keluhan bintik/bercak putih. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    Penyakit kulit biasanya memiliki gambaran klinis yang mirip antara penyakit satu dengan lainnya. Begitu pun dengan keluhan bercak putih pada kulit yang anda alami. Penyebab keluhan ini ada beberapa hal antara lain karena:

    • Tinea versikolor merupakan salah satu penyebab keluhan bercak putih, biasanya terasa gatal. Penyakit ini disebut juga sebagai panu dan disebabkan oleh jamur.
    • Pitiriasis alba merupakan penyakit kulit dengan keluhan bercak putih yang tidak terasa gatal. Penyebab pastinya belum jelas, namun sering dikaitkan dengan sinar matahari yang terus menerus mengenai kulit.
    • Morbus hansen atau kusta juga menyebabkan keluhan bercak putih yang disertai keluhan rasa baal pada daerah bercak putih tersebut.
    • Vitiligo juga merupakan penyakit yang berhubungan dengan genetika yang menyebabkan keluhan bercak putih. Tidak ada keluhan gatal, baal atau keluhan lain yang menyertai.
    • Penyebab lainnya

    Untuk memastikan penyebab keluhan anda ada baiknya dilakukan pemeriksaan secara langsung ke dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik dan ataupun pemeriksaan penunjang yang sesuai guna menegakkan diagnosis penyakit yang anda alami. Pengobatan yang diberikan tergantung dari penyebab keluhan anda.

    Silakan baca artikel berikut ini:

    Obat Jamur Kulit di Apotik Paling Ampuh (Krim & Tablet)

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Mau Nanya Tentang Penyakit Kulit Dok

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.