• Suriansyah

    Salam kenal dokter…
    Saya pria usia 42 tahun mengalami sakit gigi sudah lebih 1 minggu, gigi saya berlubang dan mahkota gigi baru ini sudah hancur,  sudah minum obat paracetamol dan amoxilin sekitar 1 minggu kemudian konsul ke dokter gigi di kasih lagi obat anti nyeri dan amoxilin dengan dosis yang lebuh tinggi.

    Sudah di rongsen dan akar gigi melintang dan harus di operasi, masalahnya bolehkah operasi sedangkan gigi saya belum sembuh total, karena sakit akan timbul lagi setelah reaksi obat hilang sekitar 10 jam sesudah minum obat akan sakit lagi.

    Apakah berbahaya atau ada resiko operasi gigi tersebut dilakukan, terima kasih saran dari dokter sangat saya nantikan,  karena saya tidak tahan lagi dengan sakitnya luar biasa, kadang kemasukan nasi saja sudah sakit banget.

    Selamat sore.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang keluhan nyeri gigi. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    Perlu dipastikan apakah keluhan nyeri yang anda alami terjadi karena gigi yang berlubang atau juga kombinasi dengan pembengkakan pada gusi.

    Gigi yang berlubang atau dalam istilah kedokteran disebut juga sebagai karies dentis memiliki beberapa tahapan karies, mulai dari lubang hanya pada lapisan luar gigi hingga ikut sertanya jaringan saraf yang menyokong gigi.

    Keluhan gigi berlubang biasanya terjadi karena kebersihan rongga mulut yang tak terjaga misalnya menumpuknya plak pada gigi akibat tidak rutin menggosok gigi, dan lain sebagainya.

    Gigi yang berlubang juga memudahkan kuman masuk ke dalam bagian – bagian gigi dan gusi sehingga menimbulkan infeksi pada gusi.

    Jika terjadi infeksi pada gigi dan gusi bisa diobati oleh beberapa cara misalnya dengan pemberian obat – obatan seperti antibiotik untuk membunuh kuman penyebab, obat analgetik dan antiinflamasi untuk menghilangkan nyeri dan juga peradangan.

    Antibiotik yang diberikan juga harus sesuai karena bisa saja kuman yang sudah resisten dengan antibiotik yang anda konsumsi saat ini, jenis kuman yang berbeda dan tidak sensitif dengan pemberian antibiotik. Untuk itu ada baiknya anda berkonsultasi ulang dengan dokter yang menangani anda.

    Jika gigi masih sakit karena adanya infeksi memang sebaiknya tidak dilakukan tindakan pencabutan atau tindakan operatif lainnya karena dapat menyebabkan penyebaran infeksi secara lebih luas yang malah akan membahayakan pasien.

    Namun hal ini juga harus dipastikan dengan pemeriksaan secara langsung. Oleh karena itu silakan konsultasi ulang dengan dokter gigi anda.

    Silakan baca artikel berikut ini:

    Perawatan Gigi Berlubang : Tambal atau Cabut?

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Mau Operasi Gigi, Tetapi Sakitnya Masih Kambuh

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.