• Assalamualaikum dok

    Saya mau tanya dok anak saya kemarin habis main korek telinga terus enggak sengaja dia masukan ke telinganya, setelah dia masukan ke telinganya anak saya menangis kesakitan mungkin mengenai gendang telinganya dok , terus sekarang keluar darah dok ,, apa yang harus saya lakukan dok ?

    Saya takut kalau telinga sebelah kanan yang keluar darah kenapa” dok , Mohon di bantu dok terima kasih

    Selamat pagi.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang keluhan telinga berdarah. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    Keluarnya darah dari telinga pasca telinga dikorek – korek merupakan salah satu keluhan yang bisa terjadi.

    Penyebab perdarahan ini bisa karena beberapa hal misalnya karena lukanya liang telinga hingga ke bagian telinga yang lebih dalam misalnya pecahnya gendang telinga. Biasanya pasca kejadian ini akan terjadi infeksi pada telinga (otitis).

    Infeksi bisa terjadi pada telinga luar (otitis eksterna ) hingga ke bagian yang lebih dalam misalnya infeksi pada telinga tengah (otitis media). Komplikasi lain yang bisa terjadi antara lain berupa gangguan pendengaran menetap.

    Untuk memastikan apa yang terjadi pada anak anda perlu dilakukan pemeriksaan secara langsung oleh dokter spesialis THT untuk memastikan sumber perdarahan nya.

    Pengobatan yang diberikan harus sesuai dengan penyebab keluhan dan juga keadaan klinis nya (misalnya apakah perdarahan aktif atau tidak dan lain sebagainya).

    Untuk itu ada baiknya segera bawa anak anda ke dokter spesialis THT di daerah anda untuk mendapatkan penanganan yang tepat dan cepat.

    Silakan baca artikel berikut ini:

    Telinga Berdarah, Ada Apa Ini ?!

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Mau Tanya Soal Telinga Berdarah Akibat Korekan Telinga

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.