• Selamat pagi,

    Saya mau berkonsultasi mengenai melena, apakah melana (feses berwarna hitam) itu tanda tubuh ada yang rusak?

    Soalnya 2 hari ini saya mengalami itu dan perut sering bunyi seperti orang lapar, trus kalau habis tidur buat bangun rasanya di perut sedikit sakit. Solusinya bagaimana dok agar tidak melana lagi?

    Terima kasih,

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Tinja atau feses yang keluar saat buang air besar harusnya tidak ada komponen darah di dalamnya baik yang terlihat secara kasat mata (makroskopik) atau melalui mikroskop. Jika ada darah yang keluar saat BAB baik berwarna merah segar atau merah kehitaman artinya menunjukkan adanya hal yang tak normal dalam tubuh. Tinja yang bercampur darah berwarna hitam disebut sebagai melena. Penyebabnya terjadi karena adanya perdarahan di saluran cerna bagian atas. Darah yang bercampur dengan asam lambung inilah yang akhirnya menyebabkan feses yang keluar bercampur darah warna merah kehitaman. Beberapa kemungkinan penyebab buang air besar (BAB) berdarah warna hitam bisa karena berbagai gangguan berikut ini antara lain:

    1. Gangguan di gaster (lambung) seperti gastritis erosif. Keluhan yang muncul berupa buang air besar disertai darah yang berwarna hitam, nyeri di perut dan lain sebagainya.
    2. Pecahnya varises esofagus. Varises esofagus merupakan pembuluh darah di kerongkongan yang melebar. Pelebaran pembuluh darah ini bisa terjadi pada beberapa penyakit misalnya sirosis hepatis (adanya jaringan parut pada hati). Jika pembuluh darah yang melebar ini pecah maka akan menyebabkan terjadinya melena.
    3. Penyebab lain.

    Untuk memastikan penyebab keluhan sebaiknya anda berkonsultasi langsung dengan dokter di daerah anda agar bisa dilakukan pemeriksaan secara lebih detail. Pengobatan tergantung dari penyebab keluhan anda.

    BAB Berdarah Tapi Tidak Sakit

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Apa Penyebab Melena dan Cara Mengatasinya?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.