• Dear dokter,

    Assalamualaikum dok, saya pria usia 27 tahun dan belum menikah. Awal saya mengalami demam tinggi, sakit kepala, nyeri sendi, di sertai melepuh di area sekitar kemaluan saya dok, seperti cacar. Atau memang cacar dok? Tetapi dulu ketika SD saya sudah pernah sakit cacar dok, katanya cacar kan hanya sekali seumur hidup.

    Lalu setelah seminggu sudah kering tumbuh kembali di sebelah bekas pecahnya dok padahal saya sudah jaga kebersihan. Pertanyaan saya penyakit apa yang saya derita dok, dan pengobatan apa yang harus saya lakukan,? Terima kasih banyak sebelumnya dok.

    Wassalamu’alaikum wr wb.

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Penyakit kulit biasanya memiliki gambaran klinis yang mirip antara penyakit satu dengan lainnya. Begitu pun dengan keluhan lepuh pada kulit di sekitar kemaluan. Dalam forum ini kami tidak bisa memastikan penyebab keluhan pasien namun hanya memberikan kemungkinan – kemungkinannya saja. Karena penegakan diagnosis baru bisa dilakukan dengan penggalian informasi secara detail ke pasien, pemeriksaan fisik dan ataupun pemeriksaan penunjang. Penyebab keluhan lepuh pada kulit bisa karena beberapa hal antara lain sebagai berikut:

    • Ulkus mole yakni merupakan infeksi kulit akibat bakteri gram negatif Haemophilus ducreyi yang dapat menyebabkan keluhan timbulnya luka atau lepuh pada kemaluan.
    • Ulkus durum merupakan ulkus atau luka/ lepuh pada kemaluan yang terjadi pada penyakit siphilis. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri Treponema palidum.
    • Herpes genital juga bisa menyebabkan keluhan luka pada kemaluan.
    • Penyebab lainnya

    Hampir semua penyakit ini juga diawali oleh keluhan demam, nyeri sendi dan gejala flu like syndrome lainnya. Untuk memastikan penyebab keluhan anda ada baiknya dilakukan pemeriksaan secara langsung ke dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik dan ataupun pemeriksaan penunjang yang sesuai guna menegakkan diagnosis penyakit yang anda alami. Pengobatan yang diberikan tergantung dari penyebab keluhan anda.

    Silakan baca artikel berikut ini:

    Ciri-ciri dan Gejala Cacar Air yang Muncul Secara Berurutan

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Bagaimana Mengatasi Kulit Melepuh di Area Kemaluan seperti Cacar?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.