• Berikut saya sertakan efek yang terjadi akibat memakai callusol di wajah.

    Halo dok, saya wanita 18 tahun. Di wajah saya terdapat kutil, dan saya beri Obat Callusol dan menegenai kulit yg sehat karena kurang teliti saya pakai di wajah. Hingga berefek seperti kehitaman (seperti pada gambar) nah apakah itu iritasi dok? Dan apakah bisa kembali seperti semula?  Terimakasih atas jawabannya dokter.

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com

    Kutil atau dalam istilah kedokteran disebut juga dengan veruka vulgaris merupakan penyakit kulit yang disebabkan oleh infeksi human papilloma virus (HPV). Kutil pada wajah bukanlah hal yang membahayakan namun sangat mengganggu karena dari segi estetik menyebabkan tidak sedap dipandang mata.

    Ada beberapa upaya yang bisa dilakukan untuk mempercepat mengobati kutil, salah satunya dengan penggunaan callusol. Namun obat ini sebaiknya tidak digunakan pada area wajah karena bisa menyebabkan jaringan parut.

    Selain itu penggunaan obat ini hanya dioleskan pada jaringan kutil saja dan hindari terkena pada kulit yang sehat karena akan menimbulkan iritasi kulit dan pengelupasan berlebihan pada kulit yang sehat hingga akhirnya timbul bekas luka berwarna kehitaman seperti yang anda alami.

    Bekas luka berwarna kehitaman ini bisa dipudarkan dengan penggunaan obat – obatan pencerah kulit. Namun pastikan terlebih dahulu bahwa luka telah sembuh.

    Jika tidak ada iritasi lagi pada kulit maka anda bisa mencoba krim untuk memudarkan bekas luka yang dijual di pasaran seperti hidroquinon dosis rendah. Penggunaan hidroquinon di atas 2% harus atas resep dan pengawasan dokter. Selain itu masih ada beberapa cara lainnya untuk menghilangkan bekas luka namun alangkah baiknya anda berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter.

    Baca juga: Cara Ampuh Menghilangkan Bekas Luka

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Efek Memakai Callusol di Wajah

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.